Empat Lokasi Wisata yang Cocok Dijadikan Sebagai Spot Fotography

Sebagai negara yang memiliki keindahan yang beragam, Indonesia dianugerahi lanskap yang tak pernah ada habisnya dari ujung Barat hingga ujung Timur. Deretan gunung, lembah, laut dan danaunya menunggu untuk dijelajahi. Nah, untuk Anda yang menyukai dunia fotografi maka tak ada salahnya jika pesona alam di Indonesia dijadikan sebuah karya yang tak ternilai. Berikut ada beberapa keindahan alam Indonesia yang wajib masuk ke list agenda perjalanan Anda.

1. Gunung Rinjani, Si Cantik dari Lombok

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua di Indonesia yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Memiliki keindahan yang sangat memukau menjadikan Gunung Rinjani sebagai Taman Nasional yang memiliki luas sekitar 41.330 hektar di tahun 1997 silam. Waktu terbaik untuk mendaki ke Gunung Rinjani adalah di bulan Juni hingga Agustus. Rute yang tepat untuk Anda melakukan trip pendakian fotografi adalah Rute Sembalun. Melalui rute ini, Anda akan melihat lanskap yang bervariasi namun memiliki jarak tempuh yang lebih pendek, melewati bentangan padang rumput yang luas dengan medan yang relatif datar hingga barisan pepohonan besar yang terus menanjak. Sesampainya di Puncak Rinjani, Anda akan melihat keindahan Danau Segara Anak yang tampak memukau, serta menikmati kehangatan sinar matahari.

2. Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan destinasi ekowisata yang berada di kawasan dua provinsi yaitu Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki 4.000 spesies flora dan fauna, bahkan sebagian spesiesnya tergolong sangat langka. Tak heran jika kekayaan hayati yang ada di Gunung Leuser sering disandingkan dengan Manu di Amazon, Brasil atau Kongo di Zaire, Afrika. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki paket trekking yang beragam mulai dari berarum jeram di Sungai Alas, Bird Watching dan Night Trekking. Jika berkunjung ke Taman Nasional ini dan kebetulan sedang beruntung, Anda akan berjumpa dengan aneka satwa seperti Orangutan, Harimau, Macan, Black Gibbon, Siamang, Kera Liar, dan spesies lainnya.

3. Kesunyian Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Kepulauan Togean merupakan sebuah Taman Nasioanl yang berada di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Kepulauan ini juga dikenal sebagai kepulaun yang tersembunyi namun memiliki keindahan yang sangat mempesona. Air laut yang berwarna biru serta kekayaan alam dan biota lautnya menjadi nilai tambah dari kepulauan ini. Bagi Anda yang hobi dengan aktivitas snorkeling ataupun diving maka kawasan ini bisa menjadi pilihan sebagai tempat untuk melakukan snorkeling atau diving. Keindahan bawah lautnya pun sangat menakjubkan, Anda bisa melihat beberapa kehidupan hayati seperti paus pilot, kima raksasa (Tridacna gigas), dan lola (Trochus niloticus), ikan pari manta, hiu karang abu-abu, dan ikan trevally mata besar.

4. Ombak Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Tak hanya Pantai Kuta saja yang diminati oleh wisatawan mancanegara namun kini di daerah Banyuwangi terdapat sebuah pantai yang diminati oleh wisatawan mancanegara yaitu Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah menawarkan keindahan yang tak kalah indahnya dengan pantai – pantai yang terdapat di Kuta, Bali. Keindahan alam yang ada di Pantai Pulau Merah pun dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya mulai dari Hamparan pasir putih yang berwarna kecokelatan sepanjang 3 km, serta hempasan ombak dengan ketinggian 2 hingga 5 meter dan sangat cocok untuk Anda yang menyukai aktivitas selancar. Para peselancar profesional dan pemula banyak yang datang berkunjung ke kawasan ini. Namun untuk Anda yang suka dengan dunia fotografi, disini terdapat spot menarik untuk mengambil gambar sunset di sore hari. Saat matahari terbenam, pancaran sinar berwarna jingga kemerahan akan tampak dari balik bukit setinggi 200 meter di ujung pantainya. Sungguh pemandangan yang sangat luar biasa!

Share this:

Leave a comment