Destinasi Wisata Alam Pemalang yang Bisa Dijadikan Sebagai Tujuan Wisata Akhir Pekan

Bupati Pemalang tahun ini merencanakan untuk mengembangkan potensi wisata di setiap daerah di Pemalang. Tak tanggung – tanggung tujuannya pun menginginkan branding wisata kota Pemalang dengan mempertimbangkan aset pariwisata yang dimiliki. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kota Pemalang menawarkan tempat wisata yang beragam dan masing – masing memiliki pesona tersendiri. Terutama untuk obyek wisata alamnya, yang boleh dibilang cukup bervariasi dan lengkap dibandingkan daerah lainnya.

Potensi Wisata Alam Pemalang yang Lengkap

Melihat potensi yang ada maka tidak keliru jika Bupati Pemalang, yakni Junaedi yang ingin menjadikan Pemalang sebagai branding destinasi wisata alam. Upaya branding ini tentunya bukan tanpa modal, seperti yang dijelaskan Bapak Junaedi bahwa Pemalang memiliki beragam obyek wisata, mulai dari wisata mangrove, gardu pandang, sekaligus banyak obyek wisata air terjun. Variasi pilihan destinasi wisata alam yang dimiliki mampu menjadikan sektor pariwisata maju pesat, seperti:

• Menjelajahi Hutan Mangrove di Pemalang


Hutan mangrove memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem wilayah laut dan pantai. Keberadaannya bisa menjaga kelestarian alam terutama untuk hewan laut yang membutuhkan kondisi perairan yang bersih. Kawasan hutang mangrove yang memiliki peran penting dalam pelestarian alam juga menyajikan pemandangan yang mengasyikkan. Ada beberapa daerah di Indonesia yang menjadikan kawasan hutang mangrove sebagai obyek wisata. Bagi yang berada di Jawa Tengah tidak perlu menyeberangi pulau untuk menyaksikan hutang tersebut.

Bisa datang ke Pemalang dan singgah ke Sungai Comal dengan menggunakan perahu sewaan untuk melihat langsung keindahan hutan mangrove. Pihak pemerintah kota Pemalang juga akan menyediakan fasilitas yang menunjang para pengunjung Sungai Comal. Keindahan hutang mangrove yang dimiliki memberikan pesona pemandangan yang hanya bisa disaksikan disini. Wisatawan bisa menjelajahi setiap sudut hutang mangrove sembari berjalan kaki dan mengabadikan banyak sudut yang artistik.

• Menyaksikan Pemandangan Gardu Pandang


Kemudian Bupati Pemalang juga menuturkan mengenai aset gardu pandang yang disajikan oleh kota yang terletak di utara Pulau Jawa ini. Pemandangan yang terbentang dari pemandangan Gunung Slamet yang tentunya memberikan kesejukan bagi setiap mata yang memandang. Kunjungan wisata untuk menyaksikan kemegahan Gunung Slamet kini bisa dilakukan bahkan tanpa perlu mendaki gunung. Sangat cocok bagi siapa saja yang ingin menyaksikan pemandangan pegunungan namun enggan melewati medan ekstrim pendakian. Maka bisa mampir ke Pemalang dan menyaksikan gardu pandang Gunung Slamet dari puncak tertinggi.

• Pembukaan Desa Wisata di Pemalang


Selain menawarkan pesona alam yang terbentuk secara alamiah, pihak Pemkot Pemalang juga berencana membuka desa wisata. Kali ini adalah membuka Desa Wisata Cikendung yang memiliki potensi menjadi destinasi wisata alam berbentuk perkampungan. Sebagai desa wisata, para pengunjung nantinya bisa menikmati pemandangan desa yang hijau dan asri. Terdapat danau besar yang bisa dinikmati keindahannya di atas gazebo. Kemudian rencananya juga akan dibangun beberapa rumah pohon yang bisa dijadikan tempat singgah wisatawan.

Khusus untuk Desa Wisata Cikendung saat ini masih dalam proses pembangunan, dan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dikabarkan telah rampung, dan tahap kedua juga baru saja diselesaikan pada bulan Maret lalu. Selanjutnya masih akan berlangsung proses pembangunan tahap ketiga supaya menjadikan desa wisata satu ini memberikan suasana kunjungan yang mempesona. Pemalang sendiri merupakan Kabupaten di Jawa Tengah yang berdekatan dengan Kabupaten Tegal. Sementara untuk wisatawan yang dari Semarang perlu melakukan perjalanan sepanjang 135 kilometer.

Share this:

Leave a comment