Durian Rancamaya, Meskipun Ukurannya yang Kecil Namun Durian Ini Memiliki Rasa yang Legit

Bagi penikmat buah rasanya memang tidak lengkap jika tidak pernah menikmati buah yang menjadi raja dari segala buah. Buah ini merupakan Buah Durian yang memang menjadi buah yang paling banyak menyita perhatian terutama ketika sedang dalam masa panen akan ada banyak penjual dadakan yang menjual buah ini. Memang rasa dari buah ini bisa menghipnotis banyak kalangan sehingga akan membuat mereka ketagihan terus.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis Durian yang bisa kita pilih, setiap Durian ini memiliki rasa yang beragam dan juga berbeda tergantung dengan daerah asalnya. Namun kali ini ada sebuah Durian yang memang sangat unik sekali dan bisa dibilang belum banyak orang yang tahu. Durian ini biasanya ditemukan di daerah Rancamaya, Jawa Barat. Sementara untuk kebunnya sendiri banyak di temukan di daerah Bogor.

Durian Rancamaya

Ada sejumlah keunikan dari Durian ini yang pastinya akan membuat banyak orang penasaran dan ingin membuat mereka menikmati Durian ini secara langsung. Keunikan buah Durian yang satu ini pertama terletak pada bentuknya yang jika dilihat memang sangat kecil. Bahkan bentuk dari buah Durian ini bisa dibilang sangat kecil dari jenis yang lainnya. Bentuknya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa yang memang cukup kecil, bahkan buahnya lebih kecil jika dibandingkan dengan jeruk Bali.

Keunikan yang kedua pada buah ini adalah karena meskipun bentuk yang kecil, buah ini memiliki duri yang lebar – lebar dan juga tajam. Selain itu duri pada buah ini juga terbilang cukup banyak sehingga akan membuat kita yang memegangnya harus berhati – hati. Karena bentuknya yang kecil ini bahkan diameter yang hanya mencapai 10 centimeter, kulit buah pun juga menjadi tipis. Menurut penjualnya kulit buah dari Durian ini hanya mencapai 1 centimeter saja.

Daging Buah Unik

Selain bentuk utama dari buah ini yang unik, kita juga bisa menemukan keunikan ini pada daging buah. Jika umumnya daging buah Durian terasa berair dan banyak sekali seratnya, pada jenis Durian ini dagingnya tidak mengandung banyak air dan juga bisa dibilang dagingnya tidak terlalu berserat sehingga mudah untuk dikonsumsi. Warna daging buah ini juga sangat berbeda dimana warna yang ada adalah kuning keemasan yang akan membuat kita nafsu makan meningkat untuk makan buah ini. Selain itu tekstur daging yang lembut dan halus membuat kita ingin terus mengkonsumsi buah ini dan membuat kita ketagihan.

Cara Memilih Buah Durian

Jika merasa sangat tertarik dengan buah ini maka kita juga bisa melihat beberapa cara untuk memilih buah ini agar tidak salah. Karena jika salah pilih bisa saja kita mendapatkan buah yang tidak manis dan tidak ada rasa. Kita bisa memilih buah ini dengan melihat warna kulitnya, buah yang bagus adalah buah yang memiliki warna kulit abu kecokelatan. Meskipun warnanya tidak cerah, namun rasa yang ada pada durian ini tidak bisa ditandingi dengan Durian yang lainnya. Mengenai harga Durian yang mungil ini, biasanya dijual dengan harga 50 ribu per kilogram. Tentunya rasa yang sangat nikmat ini membuat kita ingin terus membeli durian ini dan menikmatinya secara terus menerus.

Share this:

Leave a comment