Pantai Gesing, Tak Banyak yang Tahu Tentang Pantai Ini Ternyata Pantai Ini Memiliki Keindahan yang Menakjuban

Yogyakarta merupakan daerah yang menjadi salah satu destinasi unggulan untuk menghabiskan waktu liburan. Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyimpan berbagai wisata yang tak pernah membuat para wisatawan bosan dan selalu ingin berkunjung ke kota tersebut. Yogyakarta sendiri terdapat banyak sekali wisata yang wajib untuk kamu kunjungi mulai dari wisata candi, wisata belanja di Malioboro, wisata keraton dan wisata alam. Tentunya Yogyakarta menyimpan keindahan alam yang luar biasa dan sangat cocok untuk dinikmati saat berlibur ke Jogja seperti salah satunya adalah wisata Gunungkidul.

Gunungkidul merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Yogyakarta dan menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona. Terdapat beberapa tempat wisata Gunungkidul yang sangat populer dan wajib untuk dikunjungi jika datang ke Yogyakarta. Hamparan pantai yang membentang di kawasan Gunungkidul ini membuat banyak sekali wisata pantai dimana masing – masing wisata pantai memiliki keindahan dan keunggulan tersendiri yang berbeda – beda. Mulai dari timur ke barat terdapat pantai yang berjejer sehingga menjadikan Gunungkidul sebagai salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang jarang diketahui orang namun memiliki keindahan alam yang sangat mempesona adalah Pantai Gesing yang terletak di sisi barat Gunungkidul.

Mendengar nama Pantai Gesing mungkin masih sangat asing bagi beberapa orang, bahkan dari beberapa kamu yang tinggal di Yogyakarta. Pantai Gesing ini merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan Gunungkidul dan terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini berada di teluk dan diapit oleh tebing sehingga menyuguhkan keindahan alam yang tak kalah eksotisnya. Keindahan alam yang disuguhkan di Pantai Gesing ini berupa pasir putih yang dibalut dengan biru nya air laut serta deburan ombak nya yang kecil sehingga aman untuk kamu yang ingin berenang di pantai namun tetap harus berhati – hati.

Salah satu hal yang menarik dari pantai ini adalah gradasi permukaan air nya yang berwarna hijau terang ke warna biru sehingga menambah keindahan Pantai Gesing. Pantai ini juga biasa dijadikan sebagai tempat untuk berlabuhnya para nelayan baik nelayan lokal maupun nelayan yang berada dari luar daerah seperti dari Kebumen atau Pacitan. Disana juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan, meskipun tak seramai Pantai Depok namun Tempat Pelelangan Ikan di  Pantai Gesing selalu menyediakan ikan segar setiap harinya. Tak hanya nelayan saja, namun pantai ini juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi memancing karena disana terdapat beberapa spot untuk memancing.

Berbagai warung makan yang menyediakan olahan ikan segar juga terdapat di pinggir pantai. Aroma bakaran ikan akan menggoda perut anda setelah puas bermain air. Untuk harga ikan juga terbilang murah, semisal ikan kakap sawo yang besar dan banyak dagingnya dihargai Rp 35 ribu per kilonya. Jika kamu adalah orang yang berjiwa petualang, maka pantai ini patut untuk anda kunjungi. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta. Untuk memulai perjalanan ke Pantai Gesing disarankan melewati jalur alternatif Panggang karena lebih singkat dan perjalanan dengan kendaraan bermotor hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Akan tetapi keindahan sepanjang alam termasuk ketika masih berada di wilayah Selopamioro tak kalah menariknya dengan hamparan perbukitan hijaunya. Tak banyak penanda yang mengarah ke pantai itu, dan akses jalan sebelum menuju ke pantai tersebut cukup menantang dengan jalan yang belum diaspal dan berbatu, menjadikan anda merasakan kesan offroad. Apabila bingung di perjalanan tak ada salahnya bertanya pada warga setempat dan merasakan keramahan khas Yogyakarta. Untuk menuju Pantai Gesing dari Kota Yogyakarta dapat melewati rute Malioboro – Jalan Parangtritis – Simpang Empat Ringroad – Imogiri Timur – Kebon Agung – Selopamioro – Panggang – Desa Girikarto.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.