Dibalik Keindahan Alamnya yang mempesona, Ketiga Pantai Ini Menyimpan Potensi yang Berbahaya

Berbicara mengenai destinasi wisata di Malang memang tak akan ada habisnya, pasalnya di Malang bisa kamu temukan berbagai destinasi wisata alam yang sangat mempesona. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Malang saat hari libur tiba. Mirip dengan Kota ;Bandung yang memiliki daerah pegunungan sehingga udaranya yang sejuk dan ditambah dengan panorama keindahan alam yang mempesona. Di bagian selatan terdapat beberapa pantai indah dan eksotis yang sayang sekali untuk dilewatkan seperti salah satunya adalah Pantai Balekambang. Tentunya sudah tidak asing lagi mendengar salah satu pantai di Malang ini. 

Tak hanya Pantai Balekambang saja, namun kamu juga bisa menemukan pantai – pantai lainnya yang tak kalah indahnya dengan Pantai Balekambang. Pantai – pantai tersebut antara lain Pantai Ungapan, Pantai Baulmati, Pantai Jalangkung, Pantai Karangdowo, Pantai Bengkung, Pantai Ngudel dan Pantai Ngantep. Namun tahukah kamu jika dibalik keindahannya, pantai – pantai tersebut menyimpan potensi yang berbahaya seperti wisatawan yang menjadi korban ombak dan arus bawah yang tersembunyi. Menurut Mantan Kepala Unit Polisi Air Polres Malang yang kini menjadi Kabag Sumda Polres Malang, AKP Nyoto Gelar mengidentifikasi tiga pantai paling berbahaya di Malang Selatan. Diantaranya adalah:

1. Pantai Bajulmati

Pantai Bajulmati merupakan nama sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa yang letaknya berada di Desa Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur dan bisa ditempuh dengan jarak perjalanan sekitar 58 km dari pusat Kota Malang. Di Pantai Bajulmati kamu akan menyaksikan hamparan pasir pantai berwarna putih bersih ditambah dengan hamparan bebatuan karang yang terbentang luas di depan mata yang terlihat begitu menawan. Pantai Bajulmati ini juga memiliki bentang alam lainnya yang berupa teluk – teluk yang cantik. Namun akibat kondisi pantai ini yang cukup dalam serta curam maka mengakibatkan para pengunjung disarankan agar tidak berenang.

2. Pantai Ngantep

Pantai Ngantep merupakan pantai yang lokasinya berada di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Adapun jarak tempuh menuju Pantai Ngantep dari pusat Kota Malang sekitar 67 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi memang tidak ditemukan petunjuk yang mengarah ke lokasi Pantai Ngantep namun yang tersedia hanya petunjuk menuju arah lokasi Pantai Balekambang, kamu tidak perlu khawatir salah jalan karena lokasi Pantai Ngantep dengan Pantai Balekambang sebenarnya satu arah, jadi ikuti saja petunjuk jalan menuju Pantai Balekambang.

Sesampainya di lokasi maka akan terdengar dari kejauhan suara deburan ombak Pantai Ngantep terdengar cukup keras. Memang lokasi pantai ini dikenal dengan ombaknya yang besar sehingga lokasi ini sangat cocok bagi penggemar olah raga Surfing, namun sayang ketika sudah berada didepan pantai terdapat tulisan “Dilarang Berenang di Lokasi ini”, apa boleh buat kita harus mematuhi peraturan demi menjaga keselamatan. Suasana sekitar Pantai Ngantep sangat asri jajaran tebing tebing karang di sepanjang pantai bisa kita nikmati dari sini sembari bermain main dengan ombak di tepi pantai yang berpasir putih agak kecoklatan.

3. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

Pantai berikutnya adalah Pantai Batu Bengkuang yang berada di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan. AKP Nyoto menuturkan jika karakteristik ombak yang berada di Pantai Batu Bengkuang hampir mirip ombaknya dengan ombak yang ada di Pantai Ngliyep. Ombak nya bisa mencapai ketinggian enam hingga tujuh meter. Sebab ombak setinggi ini kadang bisa menjangkau tebing yang biasa digunakan wisatawan menikmati pemandangan.

Jika berwisata ke pantai selatan Kabupaten Malang, jangan pernah meremehkan situasi. Seringkali kecelakaan terjadi, karena wisatawan mengabaikan peringatan bahaya. Misalnya larangan berenang. “Bahkan bendera tengkorak sebagai tanda bahaya yang dipasang di pantai sering hilang dicuri, padahal itu peringatan penting agar semua berhati – hati,” ungkap Nyoto. Patuhi setiap peringatan yang diberikan penjaga pantai atau tim SAR. Sebab mereka yang paling paham kondisi alam setempat.

Share this:

Leave a comment