Nama Kota Malang Semakin Menjulang Sebagai Jaringan Kota Kreatif

Program pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata di tanah air terus mengalami perkembangan dan menyentuh banyak wilayah strategis menjadi destinasi wisata dunia. Bulan ini program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia sudah sampai ke kota Malang. Malang memang menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang sejak dulu menjadi destinasi wisata. Iklim yang sejuk, panorama indah, dan banyaknya destinasi wisata menjadikannya senantiasa populer dikunjungi.

Kota Malang kini bahkan menjadi salah satu kota diselenggarakannya gerakan Kota Kreatif dan menjadi jaringan vital gerakan tersebut. Sejak hari Minggu kemari tanggal 4 April 2016, para Kera-Kera Adum Ngalam atau anak muda di Kota Malang. Mulai merasakan atmosfer dari promosi pariwisata yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah kota dan daerah. Pada bulan ini juga jaringan Kota Kreatif melakukan atau menggelar acara HelloFest Malang Rayadi Kota Malang. Tepatnya diselenggarakan di Gedung Cakrawala yang ada di pusat kota Malang.

Founder HelloFest Malang Raya yakni Wahyu Aditya yang ditemui di Hotel Swiss Bellin menuturkan bahwa. Dalam kesempatan tersebut HelloFest ingin memadukan antara kreatifitas semua anak muda di Kota Malang dengan berbagai destinasi wisata yang ada. Kombinasi inipun disebarkan kepada masyarakat seluruh Indonesia dan juga dunia melalui berbagai media sosial. Sehingga semakin banyak yang tahu akan menjadikan kunjungan wisatawan di kota sejuk ini semakin meningkat. Terutama pada saat diselenggarakannya festival satu ini yang tentunya di apresiasi oleh banyak orang.

Festival HelloFest Malang Raya ini mencoba menunjukkan kreasi anak muda Indonesia dalam membuat film animasi. Maka akan dilangsungkan pemutaran film pendek animasi karya anak bangsa dalam rangkaian acara festival satu ini. Film animasi yang diputar pun beragam bahkan beberapa sudah mulai digarap pada tahun 2004 lalu dan beberapa selesai di tahun-tahun yang lalu. Even tahunan ini sudah diadakan sejak beberapa tahun, dan puncak tertinggi terjadi sejak tahun 2014 lalu. Dimana pengunjung HelloFest mencapai 40.000 pengunjung lebih dan sudah melampaui perkiraan para panitia penyelenggara.

Kabar membanggakan lainnya adalah hampir semua karya film yang diputar dalam HelloFest Malang Raya tahun ini. Juga pernah diputar dalam festival pemutaran film animasi pendek di Frankurt, Jerman selama beberapa hari. Melalui perhelatan tersebut ada banyak kategori penghargaan yang telah diraih anak muda asal Indonesia, yakni:

1. Animasi Terbaik – Indonesia’s Comic & Animation Festival (2000).
2. Best Video Clip of The Month – Video Music Indonesia (2002).
3. Dan lain sebagainya.

Dalam acara HelloFest tahun ini juga dihadiri oleh banyak anak muda kreatif yang sudah dikenal publik akan karyanya yang unik dan menarik. Seperti kehadiran Eka Gustiwana yang menjadi populer setelah membuat video parody Jeremy Teti dan Arya Wiguna yang sempat heboh beberapa tahun lalu. Pengisi acara yang juga merupakan anak muda hebat dan kreatif lainnya pun masih banyak mulai dari creator animasi handal seperti Tri Hantu CS. Youtube artis yakni BayuSkak un turut meramaikan HelloFest Malang Raya tahun ini.

Selain itu masih banyak hal menarik yang disuguhkan selama penyelenggaraan festival tahunan di Malang ini. Para pengunjung bisa menyaksikan aksi band indie yang sangat legend dari asal kota Malang, yakni Tani Maju. Keunikan band indie ini terletak pada pemanfaatan iringan musik visual multimedia yang membuatnya berbeda dengan band lain pada umumnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.