Selain Ayam Taliwang, Deretan Kuliner Khas Lombok Ini Wajib Untuk Dicoba

Selain memiliki keindahan alamnya yang sangat mempesona dan sudah terkenal hingga ke mancanegara, Pulau Lombok juga terkenal dengan wisata kuliner nya yang khas. Nah, buat kamu yang kebetulan sedang berlibur atau ingin berlibur ke Lombok maka tak ada salahnya untuk mencicipi aneka kuliner Lombok di bawah ini :

1. Ayam Taliwang

Untuk pecinta kuliner, kuliner khas Lombok yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga yaitu Ayam Taliwang. Ayam Taliwang cukup terkenal dengan rasanya yang gurih dan pedasnya yang menggigit. Dijamin bikin melek mata ketika mencicipi ayam bakar dengan paduan 2 jenis sambalnya yang khas. Uniknya lagi, ayam yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah jenis ayam kampung yang dimana usianya masih sekitar 3 bulanan, karena memiliki tekstur yang empuk dan tidak berlemak. Selain itu, cara penyajiannya pun cukup unik yaitu dimana ayam yang sudah dibelah membujur menjadi dua bagian, kemudian bagian sayapnya dilipat ke bagian belakang dengan lipatan khas yang unik. Tak hanya dibakar, menu Ayam Taliwang juga bisa disajikan dalam bentuk digoreng.

2. Plecing Kangkung

Selain ayam Taliwang, ada juga Plecing Kangkung yang merupakan kuliner khas Lombok dan sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Tak lengkap rasanya jika menikmati ayam Taliwang tanpa ditemani dengan seporsi plecing kangkung. Plecing kangkung lebih sehat dibandingkan dengan kangkung yang ditumis karena cara pengolahannya dengan cara direbus. Pada dasarnya membuat plecing kangkung khas Lombok sama saja hanya saja perbedaannya ada pada tauge sebagai tambahan sayurnya dan kencur pada sambalnya.

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak adalah salah satu kuliner khas Lombok yang patut di coba ketika berkunjung ke Pulau Lombok. Biasanya sate bulayak disajikan bersama lontong yang dimana lontong tersebut dibungkus dengan janur bukan daun pisang. Perpaduan bumbu sedap yang terdiri dari rebusan kacang tanah sangrai yang ditumbuk dan siraman santan kelapa serta bumbu – bumbu lainnya membuat citarasa sate bulayak sedap dan nikmat saat disantap. Jika dicicipi, bumbu campuran sate bulayak ini mirip dengan bumbu kari.

4. Beberuk Terong

Sesuai dengan namanya, Beberuk Terong menggunakan terong sebagai bahan dasarnya untuk pembuatannya. Biasanya terong yang digunakan adalah terong ungu atau terong bulat yang dipadukan dengan kacang panjang, tomat, jeruk limau, dan bumbu – bumbu seperti cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, sedikit gula pasir dan juga sedikit garam.

5. Sate Rembiga

Selain sate Bulayak, ada juga sate Rembiga yang wajib kamu cicipi. Perpaduan rasa yang gurih, manis, dan pedas terdapat dalam seporsi sate rembiga khas Lombok. Seperti hidangan khas Lombok pada umumnya, sate rembiga memiliki cita rasa yang pedas.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.