Cara Mudah Memesan dan Membeli Tiket Kereta Api di Stasiun

Membeli tiket kereta api dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni dengan cara online dan dengan cara offline. Mungkin dahulu saat ingin membeli tiket Anda dapat secara langsung membeli di stasiun tanpa membawa berbagai syarat. Namun sekarang Anda harus mengisi berbagai macam formulir pembelian tiket.

Jika Anda masih bingung untuk melakukan pembelian tiket kereta api di stasiun, cara pertama yang harus Anda lakukan ialah membawa kartu identitas yang masih berlaku. Bagaimana jika membeli tiket untuk saudara atau membeli untuk rombongan? Lebih baik jika Anda juga membawa kartu identitas mereka juga. Kartu ini diperlukan untuk pengisian formulir pemesanan yang harus di sini sesuai dengan nomor kartu identitas, dan nama. Bila Anda memesan lebih dari satu tiket, Anda dapat mengisi nomor kartu identitas mereka. Bagaimana jika membawa anak yang berusia kurang dari 17 tahun? Bila Anda membawa teman yang berusia kurang dari 17 tahun, Anda hanya tinggal mengisi nama dan tanggal lahirnya saja.

Perlu Anda ketahui, ketika sedang melakukan pemesanan tiket, satu lembar formulir pemesanan ini dapat digunakan untuk memesan hingga 4 buah tiket. Jadi, jika Anda memesan tiket untuk 4 orang, Anda tidak perlu meminta 4 lembar formulir pemesanan, namun cukup dengan meminta 1 lembar formulir pemesanan. Namun jika Anda memesan lebih dari 4 orang, Anda dapat meminta formulir yang lebih dari satu pada petugas.

Ketika akan pergi ke stasiun, jangan lupa untuk membawa bolpoin sendiri. Hal ini bertujuan agar pemesanan tiket dapat lebih cepat. Saat Anda lupa untuk membawa perlengkapan menulis seperti bolpoin, Anda harus bersabar untuk mengantri bolpoin, karena saat ini masih banyak masyarakat yang melakukan pembelian di stasiun. Lalu, apa saja sebenarnya isi dari formulir pemesanan tiket ini?

Nantinya Anda akan mengisi secara lengkap formulir pemesanan. Formulir pemesanan ini berisi:

• Nama pemesan tiket. Untuk nama ia harus sama dengan nama yang berada di kartu identitas,
• Nomor identitas. Nomor identitas juga harus sama dengan nomor yang berada di dalam kartu identitas,
• Nama penumpang. Jika lebih dari 1, Anda dapat mencantumkan nama yang lainnya di formulir sama, asalkan tidak lebih dari 4 orang,
• Nomor kartu identitas penumpang. Untuk nomor kartu bisa 1 hingga maksimal 4, per lembar,
• Jadwal kereta berangkat.
• Nama kereta.
• Tujuan kota Anda.
• Nomor yang dapat di hubungi.

Jika Anda ingin melakukan pembelian tiket kereta api ini, usahakan memesan 1 minggu sebelum keberangkatan Anda. Dikarenakan, jika Anda membeli tiket ketika Anda akan berangkat, kemungkinan Anda akan kehabisan tiket. Hal ini dikarenakan adanya jumlah penumpang yang terbatasi oleh jumlah tempat duduk yang disediakan.

Hal apa yang harus di siapkan saat ingin melakukan pembelian atau pemesanan tiket?

1. Anda harus menyesuaikan tujuan Anda. Pastikan kota yang Anda tuju memiliki kereta yang akan menuju ke kota Anda begitu pula sebaliknya,
2. Pastikan tanggal keberangkatan. Karena jumlah penumpang yang terbatas dengan tempat duduk yang sudah di sediakan, pastikan Anda memilih tanggal keberangkatan yang paling tepat,
3. Lihat jadwal. Sesuaikan tanggal keberangkatan dengan jadwal kereta yang sudah di tentukan,
4. Kelas kereta. Untuk kereta jarak jauh, biasanya ia memiliki berbagai macam kelas,
5. Sesuaikan budget. Budget ini ialah hal yang tidak boleh luput dari pantauan Anda. Sesuaikan dana dengan harga tiket.

Jika Anda membutuhkan kendaraan di bali bisa langsung ke jasa sewa mobil murah di Bali.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.