6 Langkah Pengobatan Bagi Si Kecil yang Sakit Selepas Liburan

Bagi anak-anak liburan menjadi saat yang paling mereka nantikan, karena disini kebersamaan bersama dengan keluarganya akan lengkap. Apalagi dengan waktu libur yang juga tak datang setiap hari, tentunya menjadi moment yang sangat ditunggu oleh buah hati Anda. Kamu juga harus menyempatkan diri mengambil sejenak waktu liburan dengan berwisata, mengunjungi beberapa kawasan yang belum pernah dicoba bersama dengan si kecil. Hanya saja ada kalanya karena belum terbiasa dengan suasana yang baru dan perjalanan jarak jauh si kecil menjadi sakit.

Saking menjelang atau bahkan pada saat liburan memang menjadi hal yang umum bagi anak-anak, mengingat daya tahan tubuh mereka masih sangat renta, apalagi jika harus berhubungan dengan lingkungan yang baru. Nah apakah buah hati Anda juga sering kali mengalami hal yang sama pada saat kamu tengah liburan. Ingin meninggalkannya di rumah tentunya bukan hal yang tepat, mengingat suasana ini menjadi yang paling dinanti-nantikan mereka. Tak hanya pra maupun pasca saat liburan. Hal yang paling sering terjadi lainnya adalah sakit pada saat setelah liburan, terlalu capek memang membuat hal ini sering kali terjadi. Kamu tak perlu khawatir berikut ini ada beberapa tips bagi kamu dalam menghadapi situasi tersebut, yaitu:

1. Perbanyak konsumsi air putih
Banyak minum air sebenarnya bisa menjadi obat bagi tubuh, nyatanya air putih memang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh Anda, diantaranya adalah untuk mengeluarkan racun hingga pemulihan setelah terserang penyakit. Pada dasarnya mereka hanya butuh konsumsi air putih dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya untuk kembali memulihkan tubuh dari masalah kesehatan. Agar mereka tak bosan kamu juga bisa memberikan sedikit variasi pada minuman tersebut, dengan menambahkan beberapa potongan buah sebagai infuse water atau dibuatkan jus saja.

2. Istirahat maksimal
Pada saat liburan bisa jadi mereka menjadi kurang istirahat karena setiap waktunya dihabiskan untuk bermain dan mengunjungi kawasan-kawasan baru, beberapa mungkin juga menjadi kurang beristirahat karena sulit menyesuaikan diri dengan tempat yang baru. Nah selepas masa liburan kamu tak ada salahnya memberikan ia waktu lebih lama untuk beristirahat, tidur merupakan saat yang paling tepat untuk mengembalikan tenaga dan proses pemulihan tubuh.

3. Beri ia suplemen penambah daya tahan tubuh
Satu lagi yang bisa kamu tambahkan adalah konsumsi suplemen bagi buah hati, tentunya bukan sembarangan suplemen melainkan yang hanya berfungsi dalam tingkatkan daya tahan tubuh, apalagi dengan kondisi yang kecapekan terkadang anak-anak mudah sekali mengalami atau terserang penyakit, agar tak semakin banyak penyakit yang menjangkitinya akan lebih baik menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil.

4. Beri ia makan yang hangat
Sup bisa menjadi pilihan yang tempat, kamu bisa mengkreasikan berbagai macam makanan yang menggugah selera mereka untuk makan, mengingat dalam kondisi saat nafsu makan anak-anak sangat mudah turun, padahal mereka justru butuh asupan nutrisi yang cukup selama masa pemulihan. Untuk itu berikanlah ia pilihan makanan yang menggugah selera.

5. Konsumsi buah dan sayur

Suplemen lain yang secara alami dapat meningkatkan daya tahan tubuh bahkan dengan manfaat-manfaat lainnya dari vitamin yang terkandung adalah buah-buahan dan sayur.

Sekarang kamu tak perlu lagi khawatir saat di kecil terserang masalah kesehatan setelah liburan menyenangkannya, cukup lakukan 6 langkah tersebut untuk membuatnya kembali sehat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.