Bukit Kedung Buweng Imogiri, Lokasi yang Pas Untuk Santai Saat Sore Menjelang

Berbicara mengenai dunia wisata di Tanah Air Indonesia memang tak akan ada habisnya, pasalnya di Indonesia terdapat banyak sekali destinasi wisata yang bisa dijadikan sebagai alternatif tempat berlibur saat akhir pekan tiba. Salah satu kota yang sudah cukup terkenal dengan obyek wisata nya adalah Yogyakarta. Di Yogyakarta selain kental dengan unsur budayanya juga terdapat banyak potensi wisata yang mempesona misalnya di salah satu kabupatennya yaitu Kabupaten Bantul. Wisata Bantul merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan ketika sedang berkunjung ke Yogyakarta.

Di kawasan Imogiri terdapat destinasi wisata alam yang tak kalah indahnya dengan tepat – tempat wisata lainnya yang ada di Yogyakarta seperti salah satunya adalah Bukit Bego. Bukit yang lokasinya berada di Desa Wukirsari ini merupakan area tebing bekas penambangan batu yang berada di ketinggian bukit dengan memiliki luas sekitar 1,2 hektar. Awalnya bukit ini merupakan segundukan bukit gersang bekas proyek, namun spot ini menjadi menarik setelah di kanan dan kirinya dipoles sedemikian rupa.

Bukit Kedung Buweng atau lebih di kenal Bukit Bego pasca pengerukan ditinggalkan begitu saja oleh salah satu kontraktor yang mengeruk dan mengambil tanah urug. Konon tanah urug ini dipergunakan untuk perlebaran lahan parkir bandara. Sekian lama proyek berjalan, sehingga Bukit Kedung Buweng yang dulunya hijau kini tampak gersang. Apalagi di musim kemarau, pepohonan di sekitar perbukitan yang mulai mengering menambah kesan tandus bukit ini. Namun saat ini lokasi tersebut sudah ditinggalkan penambangnya karena para penambang tersebut mencari kualitas lahan yang lebih bagus.

Keindahan alamnya yang mempesona bisa kamu nikmati sambil bersantai melepaskan penat dan lelah. Apalagi jika cuaca dalam keadaan cerah dan langit berwarna biru, kamu bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta, keindahan garis pantai selatan, bukit – bukit dan lahan pertanian dari kejauhan. Jika sore menjelang, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam dari atas Bukit Kedung Buweng. Nuansa alamnya yang masih sejuk menjadi nilai tambah dari lokasi wisata ini. Selain itu, disana juga terdapat dua buah gazebo yang didirikan oleh pemuda Kedung Buweng sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang sedang melintas di Jalan Mangunan.

Gazebo yang berdiri diatas batu kapur tersebut menjadi tempat asyik untuk singgah, bukan hanya untuk rehat saja namun di Gazebo tersebut kamu bisa menikmati pesona alam dari ketinggian Bukit Kedung Buweng. Bukit Bego atau tepatnya Bukit Kedung Buweng berada di jalur utama Imogiri – Dlingo. Jalur ini juga menghubungkan Bantul-Wonosari, sehingga untuk mencari Bukit Bego sangatlah mudah. Lokasi Bukit Bego sendiri sekitar 19-20 km dari pusat kota Yogyakarta. Keindahan di kala malam hari tidak kalah menariknya dengan Bukit Bintang di Jalan Wonosari.

Untuk akses nya pun terbilang cukup mudah karena lokasinya yang berada di pinggir jalan sehingga sering digunakan para traveler untuk melepas lelah saat perjalanan jauh. Saat sore hari tiba biasanya banyak yang menggunakan Bukit Bego ini untuk mencoba settingan motor trail oleh warga sekitar, kadang – kadang juga pengunjung. Tekstur tanah yang menanjak dan berbatu, sangat cocok untuk latihan motor trail.

Share this:

Leave a comment