Keindahan Alam Lainnya yang Wajib Dikunjungi Ketika Berkunjung ke Yogyakarta

Potensi pariwisata di Yogyakarta memang sudah tak diragukan lagi keindahannya. Nama – nama obyek wisata seperti Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, dan kawasan Malioboro tentunya sudah akrab di telingamu. Dengan potensi wisata yang hampir setara indahnya di berbagai lini mulai dari kawasan belanja, wisata budaya, hingga keindahan lautnya maka tak heran jika Yogyakarta menjadi destinasi favorit dari ribuan turis yang berdatangan setiap tahunnya. Namun yang harus kamu ketahui jika destinasi wisata alam di Yogyakarta tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya berupa pantai – pantai nya saja tapi ada juga sejumlah lokasi wisata yang menyajikan keindahan alam yang dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Penasaran? Simak ulasan berikut ini yuk!

Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Jika dibandingkan dengan obyek wisata air terjun lainnya, wisata air terjun Sri Gethuk lah yang paling unik dan paling terkenal. Pasalnya air yang jatuh tak langsung masuk ke dalam kolam melainkan jatuh pada bebatuan karst sehingga menyajikan keindahan alam yang sangat mempesona. Air terjun ini juga mengalir ke Sungai Oya. Aor terjun ini disebut – sebut memiliki kemiripan dengan sebuah destinasi wisata di Amerika Serikat yaitu Green Canyon Arizona. Air terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju lokasi air terjun tersebut, kamu bisa berjalan kaki melewati pematang sawah sejauh 450 meter kemudian dilanjutkan dengan menuruni anak tangga yang berjumlah sekitar 96 anak tangga. Untuk mencapai air terjun tersebut dapat juga dengan berjalan menyusuri tebing Slempret yang berujung ke lokasi air terjun Sri Gethuk.

Wisata Air Terjun Banyu Nibo

Jika di Pacitan ada sebuah obyek wisata Banyu Tibo yang erupakan sebuah pantai dengan keindahan air terjun yang jatuh langsung ke pantai maka lain hal nya dengan obyek wisata yang terdapat di Yogyakarta. Memiliki nama – nama yang hampir mirip yaitu Air Terjun Banyu Nibo, air terjun ini berada di sebuah pegunungan Dusun Batu. Destinasi wisata ini masih terbilang cukup baru di Kota Yogyakarta. Meskipun terbilang baru, namun tak sedikit wisatawan yang menjadikan air terjun ini sebagai salah satu pilihan untuk berlibur. Untuk bisa menuju ke lokasi air terjun ini maka kamu bisa mengakses jalannya dengan berjalan kaki. Warga setempat membuat jalan setapak untuk bisa dilalui oleh para pengunjung. Jalannya yang lumayan cukup ekstrim, jadi kamu harus tetap berhati – hati.

Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Pertama kali mendengar obyek wisata yang satu ini pasti kamu akan mengiranya jika obyek wisata yang satu ini terletak di kawasan Tawangmangu, namun bukan air terjun itu yang dimaksud. Memiliki nama yang sama namun lokasi nya berbeda. Air Terjun Grojogan Sewu ini berada di Dusun Beteng, Kecamatan Jatimulyo, Yogyakarta. Nama Grojogan Sewu ini diambil karena derasnya aliran air yang jatuh ke dalam kolam sebelum terpisah oleh jeram – jeram sehingga menjadikannya banyak kucuran air yang sangat mempesona.

Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang yang cantik menjadi salah satu wisata alam di Gunungkidul yang sedang populer saat ini. Lokasinya yang berada diantara pesawahan membuat air terjun yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri. Berkunjung ke lokasi air terjun yang satu ini maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang indah lengkap dengan panorama alam yang memukau. Saat musim hujan tiba, air yang mengalir akan lebih deras dan itu menjadi satu alasan mengapa kamu harus datang saat musim hujan tiba. Hal uni yang bisa kamu lihat dari air terjun ini adalah adanya 6 tingkatan air terjun. Airnya juga cukup jernih dan dingin bikin kita makin asik bermain – main disini.

Share this:

Leave a comment