Rasakan Gurih dan Lezatnya Bakso Pak Trisno yang Sudah Ada Sejak Tahun 1972

Kuliner bakso memang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bakso sudah menjadi salah satu pilihan kuliner yang sangat populer di Indonesia jadi Anda akan dengan mudah menemukan kuliner yang satu ini. Salah satu kota di Indonesia yaitu Yogyakarta, Anda pun akan mudah menemukan kuliner yang satu ini mulai dari bakso keliling, bakso kaki lima, hingga bakso sekelas rumah makan.

Dari sekian banyak penjual bakso di kota tersebut, ada salah satu bakso yang wajib kamu coba yaitu Bakso Pak Trisno. Lokasi nya berada di Jalan Prof. Ki Amri Yahya, Gampingan, Wirobrajan, DIY Yogyakarta atau tepatnya di depan Jogja National Museum (JNM). Kedai tersebut berada di  tepi jalan dan setiap harinya selalu ramai oleh pembeli meskipun tempat berjualannya hanya menggunakan gerobak, sebuah meja dan beberapa kursi saja.

Sang pemilik bernama Trisno Sumarto menuturkan jika dulu yang pertama jualan bakso adalah kakak nya lalu kemudian ia diajarkan oleh kakaknya untuk berjualan bakso. Awalnya sebelum mangkal di tempat yang saat ini ditempati, sang pemilik berjualan keliling dengan menggunakan pikulan  dan kemudian menggunakan gerobak. Lebih lanjut, saat pertama kali berjualan, semangkuk bakso harganya baru 5 rupiah saja. Mampu bertahan berjualan bakso dari tahun 1972 membuktikan kualitas rasa dari bakso yang satu ini. Seperti kebanyakan bakso yang ada di Yogyakarta, semangkuk bakso racikan Pak Trisno ini berisikan mi kuning, bihun, tahu, beberapa butir bakso, bakso goreng, daun sledri, bawang goreng, dan disiram kuah yang tampak bening. Yang istimewa adalah kuahnya, walau tampak bening tetapi rasanya gurih dan sangat segar. Baksonya yang berukuran tidak terlalu besar juga lembut dan gurih.

Tidak kalah istimewa adalah bakso gorengnya, berwarna kuning rasanya begitu gurih dan sangat renyah. Banyak dari pelanggan Pak Trisno yang meminta tambahan bakso goreng karena rasanya yang mantap. Setiap harinya ia menghabiskan sekitar 15 kilogram daging sapi untuk membuat bakso dan berjualan dari jam 15.00 hingga jam 22.00. Oleh karena tempatnya yang terbatas, para pembeli rela antre dan berdiri untuk mendapatkan seporsi bakso Pak Trisno. Harga bakso ini sangat terjangkau, yakni hanya Rp.6 ribu per porsinya. Maka tak heran, semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum bisa makan di warung ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.