Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengambil Foto di Alam Liar

Jika kamu hanya menekuni fotografi sebagai hobi sekalipun, kamu pasti tak bisa menyangkal bahwa alam liar memang memberikan nuansa foto yang berbeda dibandingkan dengan obyek yang lainnya. Baik itu karena kesempatan untuk mendapatkan foto dari hewan – hewan langka yang cantik, anggun, ataupun megah, sampai menangkap nuansa liar yang alami yang nggak bakal kamu temukan di perkotaan.

Tips Ketika Berburu Foto di Alam Liar

Karena medannya yang tak bisa dibilang ringan, kamu yang mau berburu foto semacam ini juga harus bersedia untuk melakukan investasi serta pengorbanan yang cukup banyak. Semua itu tentunya demi menghasilkan foto yang terbaik.

Nah, untuk kamu yang mau mulai berburu foto – foto seperti ini, perhatikan dulu tips berikut:

1. Tumbuhkan rasa suka dan komitmen
Hal yang pertama adalah kamu jelas harus suka dulu dengan hal – hal seperti alam liar, hewan – hewan di dalamnya, dan kegiatan berpetualang serta fotografi itu sendiri. Tanpa adanya passion, kamu jelas tidak akan rela untuk bersusah payah melakukan petualang ke sana dan kemari demi mendapatkan gambar yang bagus. Belum lagi harga kamera yang mahal.

2. Tahu dasar-dasar teknik foto
Meski sudah punya kamera yang ultra super canggih dan keren sekalipun, tak ada gunanya kalau kamu tak bisa memotret dengan baik. Apalagi mengingat kondisi di alam terbuka itu tidak dapat diprediksi cuacanya bisa  hujan, kabut, atau hewan – hewan yang sangat cepat bergerak. Karena itu, pelajari dengan serius teknik – teknik fotografi, terutama untuk hewan, sehingga kamu bisa menghasilkan foto yang bagus.

3. Riset dulu tempatnya
Rencanakan dulu kemana kamu akan pergi. Ada banyak daerah di Indonesia yang bisa menjadi tempat yang sangat potensial untuk mendapatkan foto – foto bagus. Karena itu risetlah tentang medannya, situasi dan keamanannya, berapa biayanya, bagaimana kamu akan tinggal, sebandingkah dengan resiko dan potensi yang ada, dll.

4. Cari guide yang berkualitas
Kalau kamu tak tahu medannya, jangan hanya mengandalkan diri sendiri atau guide yang kamu dapatkan di tengah jalan. Justru bahaya buat dirimu sendiri. Cari tahu dulu siapa yang bisa diandalkan untuk mengantarkanmu ke tempat-tempat yang memang punya obyek yang bagus, serta tahu situasi dan cara mengatasinya.

5. Siapkan peralatannya
Bukan hanya soal perlengkapan perjalanan saja yang harus kamu siapkan, tapi juga “senjata perang” alias kameramu. Jangan ragu untuk membawa kamera terbaik yang kamu miliki beserta dengan peralatan seperti tripod, lensa tele, dll. Go all out!

6. Bersiaplah untuk apa saja
Apa yang kamu rencanakan dan apa yang bakal terjadi di lapangan bisa berbeda 180 derajat. Bisa jadi ternyata kamu tak berhasil menemukan satu obyek pun yang bagus, atau justru kamu terlalu overwhelmeddengan semuanya. Jadi siap – siap saja berkunjung balik kalau hasilnya mengecewakan.

Satu hal yang pasti adalah, kalau kamu mau hunting foto hewan – hewan liar di alam terbuka, bersiaplah juga menggunakan berbagai taktik. Dari menyamarkan diri dengan tumbuhan, mau menyelam dan berbasah – basah di lumpur, merangkak di sela – sela lubang dan akar pohon, dan rintangan lainnya. Good luck!

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.