Ayam Taliwang dan Ayam Rarang, Kuliner Khas dari Lombok yang Wajib Untuk Dinikmati

Untuk pecinta kuliner tentunya sudah tak asing lagi terdengar yaitu Ayam Taliwang yang merupakan makanan khas Lombok. Namun tahukah kamu jika bukan hanya Ayam Taliwang saja yang menjadi ciri khas kuliner dari Lombok tapi ada juga menu khas Lombok yang wajib untuk kamu nikmati yaitu Ayam Rarang. Sesuai dengan namanya jika Ayam Rarang berasal dari sebuah desa Rarang di Kabupaten Lombok Timur.

Salah satu rumah makan yang menyediakan menu Ayam Rarang adalah Warung Ayam Rarang III di daerah Mataram. Jika melihat sekilas, menu Ayam Rarang ini terlihat pedas karena berlumur bumbu sambal serta ditaburi dengan cabe rawit, namun setelah mencobanya rasa ayam tersebut tak sepedas dengan penampilannya. Inilah yang menjadikan perbedaan antara Ayam Rarang dengan Ayam Taliwang jika menu Ayam Rarang diberi bumbu lebih banyak.

Bumbu dan sambal yang digunakan pada Ayam Rarang pun sudah dimasak terlebih dahulu sebelum disajikan. Ayam yang digunakan pun menggunakan ayam kampung sehingga rasanya pun berbeda dengan Ayam plecingan pada umumnya. Untuk menu Ayam Rarang ini terdiri dari nasi, ayam kampung goreng, sayur bening, dan lalapan. Untuk seporsi menu Ayam Rarang tersebut, kamu cukup membayar Rp. 32 ribu saja. Ayam Rarang ini menjadi menu andalan para wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke daerah tersebut.

Di sepanjang jalan Desa Rarang terlihat banyak sekali warung – warung makan yang menjajakan hidangan yang satu ini, namun jika Anda berkunjung ke Lombok Timur sempatkanlah mampir ke warung Ayam Rarang III yang berada di Jalan Langgko, Kota Mataram. Lokasinya yang berada tepat di pinggir aliran Sungai Jangkuk, membuat suasana yang cukup berbeda ketika menikmati menu khas Lombok ini.

Share this:

Leave a comment