Nikmatnya Ayam Bakar Taliwang Madu Bu Mami, Semarang

Ayam Bakar merupakan salah satu kuliner yang banyak digemari oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Menu ayam bakar banyak variannya sesuai dengan ciri khas nya masing – masing misalnya seperti Ayam Bakar Taliwang, Ayam Bakar Kelalah, Ayam Bakar Kalasan, Ayam Bakar Bumbu Kecap, dan lain sebagainya. Ketika berkunjung ke Kota Semarang jangan lupa untuk mampir ke salah satu kedai yang berada di Jalan Kyai Saleh Bawah No. 5, Semarang, Jawa Tengah yaitu kedai Bu Mami.

Di kedai ini kamu bisa merasakan lembutnya ayam bakar beroleskan madu khas Klaten. Setiap hari nya kedai ini selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung dan area parkirnya pun selalu dipadati dengan puluhan motor dan mobil. Kedai Bu Mami ini sudah berdiri sejak tahun 2007. Kedai Bu Mami merupakan salah satu kedai yang menyajikan menu Ayam Bakar Taliwang Madu di Kota Semarang. Kepulan asap ayam bakar madu tersebut menyapa para pengunjung dari depan kedainya, seolah – olah pengunjung yang melintas di depan kedainya ditarik oleh aroma madu yang dibakarnya.

Tak hanya menyajikan menu Ayam Bakar Taliwang Madu saja, namun kedai Bu Mami juga menyuguhkan menu lainnya seperti Ayam Goreng Kremes, Sate Bakso, dan Ati Ampela yang bisa dibakar juga dengan menggunakan bubu madu tersebut. Saat ini kedai Bu Mami diolah oleh anak pertamanya yang bernama Fadli. Sang anak menuturkan jika resep olahan ayamnya berasal dari keluarga, karena dulu nya orang tua Fadli sering membuat menu Ayam Bakar Taliwang namun di hari – hari tertentu saja. Yang membuat menu Ayam Bakar Taliwang Madu disini terkenal adalah kelezatan bumbu madunya serta tekstur daging ayamnya yang lembut.

Rasa manis dan gurih memang begitu dominan di lapisan luar ayam nya. Sebelum di sajikan, daging ayam diolah berkali – kali, diberi bumbu kuning terlebih dahulu, diungkep, lalu diberi bumbu pedas yang berwarna cokelat lalu diungkep lagi. Setelah itu baru lah di bakar menggunakan madu atau di goreng. Madu yang digunakan pun menggunakan madu untuk makanan atau yang biasa digunakan untuk campuran jamu – jamu, karena rasanya yang tidak terlalu manis. Dalam sehari kedai Bu Mami dapat menghabiskan sekitar 50 ekor ayam atau 200 potong, namun jika akhir pekan tiba kedai tersebut mampu menghabiskan 400 potong.

Di belakang kedai Bu Mami terdapat dapur yang lengkap dengan kulkas untuk penyimpanan ayam. Jadi, jika kehabisan dapat langsung dibuat di dapur tersebut. Saat penyajian, menu tersebut disajikan menggunakan piring rotan sebagai alas makannya begitu juga dengan tempat nasinya menggunakan bakul yang terbuat dari rotan. Manis dan empuk terasa saat menikmati ayam bakar taliwangnya, aroma bakarannya sangat kental sekali. Selain ayam bakar, ada juga menu  ayam goreng yang dimana pada saat menggorengnya hingga kering dan cara penyajiannya ditaburi dengan kremesnya yang terasa kriuk dan gurih.

Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 14.500 maka kamu sudah bisa menikmati satu porsi Ayam Bakar Taliwang beserta nasi putihnya lengkap dengan lalapan dan sambalnya. Sedangkan Ayam Goreng Kremesnya dibanderol dengan harga Rp. 14 ribu, sebanding dengan citarasa yang di dapat. Menu lainnya seperti bakso bakar dibanderol mulai dari Rp. 5 ribu, ati ampela bakar Rp. 6 ribu. Kedai Ayam Bakar Taliwang Bu Mami buka setiap hari mulai pukul 1 siang hingga pukul 11 malam WIB.

Share this:

4 comments, add yours.

panggangan sosis

wah enak banget nih kayaknya ayam bakar taliwang madu. jadi pengen nyobain. besok tak mampir deh. terimakasih ya infonya

showcasemu

wah artikel yang bagus saya pernah makan di Ayam Bakar Taliwang Madu Bu Mami, Semarang enak sih ayam taliwangnya disana jadi pengen balik lagi kesana. 😀

dede

wuihh godjob, artikel ini sangat bagus apalagi resepnya, resep ini sangat membatu. Sekarang saya dapat membuat makanan ini dengan bantuan resep ini. terimah kasihh banyak,,

hanna

resep ini sangat membantu, saya jadi tau bagaimana cara membuatnya. Hasil nya juga cukup memuaskan

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.