5 Fakta Gunung Prau yang Harus Diketahui

Dieng merupakan salah satu lokasi wisata di Provinsi Jawa Tengah yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya dan juga pemandangan sunrise nya. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini hanya untuk melihat keindahan sunrise nya. Bukit Sikunir adalah spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunrise yang istimewa.

Selain Bukit Sikunir, Gunung Prau juga memiliki pesona alam yang tak kalah indahnya meskipun membutuhkan tenaga lebih untuk menuju kesana. Puncak gunung ini di penuhi dengan pemandangan rumput – rumput hijau yang dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Dan istimewanya lagi, jalur pendakian di gunung ini relatif mudah untuk dijangkau bagi pendaki. Nah, jika kamu memiliki rencana berlibur atau mendaki ke Gunung Prau maka tak ada salahnya jika mengetahui beberapa fakta menarik tentang gunung ini. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Merupakan titik tertinggi di Dieng

Seperti yang kita ketahui jika Dataran Tinggi Dieng membentang di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Di kawasan ini , kamu akan melihat keindahan alam berupa bukit – bukit, telaga serta kawah – kawah vulkanik yang masih aktif. Gunung Prau merupakan salah satu bagian dari kawasan Dataran Tinggi Dieng, dengan ketinggian mencapai sekitar 2.565 mdpl dan menjadi titik tertinggi di Dataran Tinggi Dieng. Tak heran jika pemandangan yang di tawarkan pun cukup spektakuler.

2. Lokasinya berada di 5 kabupaten di Jawa Tengah

Mungkin bagi sebagian orang mengira jika Gunung Prau hanya berada di Kabupaten Wonosobo saja. Namun tahukah kamu jika Gunung Prau berada di lima kabupaten di Jawa Tengah, antara lain Kendal, Banjarnegara, Wonosobo, Batang, dan Temanggung. Untuk jalur pendakian yang bisa digunakan untuk sampai ke puncak yaitu Patak Banteng dan beberapa jalur pendakian lainnya yang lokasinya berada di luar Wonosobo.

3. Membutuhkan waktu rata-rata 3 jam untuk sampai ke puncak

Ketinggiannya yang mencapai 2.565 mdpl, sehingga membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke puncak dari basecamp pendakian.

4. Gunung dengan jalur pendakian terbanyak

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, jika jalur pendakian Gunung Prau tak hanya dapat dijumpai di Wonosobo saja, tapi juga bisa di temukan di Kabupaten Banjarnegara dan Temanggung. Hingga saat ini, Gunung Prau tercatat sebagai gunung yang memiliki jalur pendakian terbanyak yaitu ada 8 jalur pendakian. Dari 8 jalur tersebut, 6 jalur diantaranya adalah Patak Banteng, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Dieng Kulon, Kali Lembu, Campurejo, dan Wates.

 

5. Salah satu gunung paling friendly untuk pemula

Jalur pendakiannya yang cukup banyak dan tidak terlalu sulit, sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula yang ingin mendaki gunung. Sebagian track nya berupa tanah liat yang akan sedikit berdebu saat musim kemarau tiba. Jika kamu belum pernah mendaki gunung dan berniat untuk mendaki beberapa gunung yang lebih tinggi dalam beberapa waktu ke depan, Gunung Prau akan menjadi tempat yang ideal untuk memulai.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.