Promosi Wisata Selam Indonesia ke Negara Jepang yang Disambut Hangat

Sejak dulu hingga sekarang Indonesia dikenal oleh wisatawan dunia sebagai negara dengan pilihan obyek wisata terlengkap. Sayangnya berbagai lokasi yang cukup potensial menyedot kedatangan turis asing memang hingga sekarang belum tergarap sempurna. Masih ada banyak sekali tempat menarik yang sampai sekarang hanya dikunjungi wisatawan lokal. Melihat potensi yang ada membuat pihak pemerintah berupaya untuk melakukan promosi yang didukung pula dengan proses perbaikan dan pengembangan.

Pemerintah pusat pun mengajak semua pemerintah daerah untuk melakukan pengembangan obyek wisata di daerah masing-masing. Selain itu juga melakukan upaya promosi hingga ke kancah internasional supaya semakin dikenal dunia. Salah satu upaya promosi yang dilakukan ialah dengan mengikuti Sales Mission Diving Japan 2016 yang diselenggarakan di Jepang. Ajang pameran pariwisata internasional tersebut memang di gagas oleh kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Jepang.

Pameran Pariwisata Indonesia di Jepang

Pada ajang pameran pariwisata tersebut menjadi salah satu media dari 63 praktisi industri pariwisata Jepang memperkenalkan potensi wisatanya. Kemudian Indonesia secara khusus memperkenalkan 10 destinasi wisata selam yang memukau. Pameran pariwisata ini diselenggarakan pada tanggal 4-8 April lalu dan setelahnya mendapatkan respon yang cukup hangat dari wisatawan asal Jepang. Acara yang juga didukung oleh Visit Indonesia Tourism Office ini memang melibatkan 10 industri wisata selam di tanah air.

Tujuannya untuk memperkenalkan kepada masyarakat Jepang, bahwa negara Kita menyediakan lokasi terbaik untuk menikmati diving. Menjadi bagian dari pameran pariwisata di Jepang kali ini memang menjadi langkah promosi yang sangat tepat. Dikatakan demikian karena memang ada lebih dari 40 persen wisatawan Jepang menyukai obyek wisata selam. Indonesia boleh dikatakan secara khusus memperkenalkan obyek wisata selam tersebut dan mendapatkan respon yang baik.

Oleh Bapak Yusron Ihza selaku Duta Besar Republik Indonesia di Jepang juga menuturkan bahwa selama ini Indonesia dikenal sebagai surga wisata selam. Berbagai lokasi wisata selam mampu memberikan suguhan alam sekaligus pelayanan yang tidak mengecewakan wisatawan. Melihat sebagian besar penduduk Jepang menyukai wisata laut sangat tepat dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Ada lebih dari ribuan pantai yang bisa dijadikan lokasi untuk menikmati kegiatan menyelam dengan segala fasilitas terbaik di dalamnya.

Dalam acara pameran ini Indonesia juga memperkenalkan beberapa destinasi wisata selam yang cukup populer di tanah air. Masyarakat Jepang mulai diperkenalkan kepada wisata di Raja Ampat, , Pulau Komodo, Gili Air, Bunaken, Togean, dan juga Wakatobi. Semua destinasi wisata selam ini menyajikan pemandangan bawah laut yang kompleks dan memanjakan para penyelam. Setiap daerah akan memberikan suguhan yang unik dan berbeda dengan daerah lain sehingga mampu menyedot perhatian pengunjung acara pameran tersebut.

Melalui promosi secara langsung ke Jepang ini, pihak pemerintah bisa memberikan informasi mendetail secara langsung kepada masyarakat Jepang. Informasi yang diberikan selain lebih lengkap dan jelas juga sesuai dengan kebutuhan atau kondisi peminat wisata luar negeri. Misal untuk fasilitas yang disediakan, moda transportasi yang bisa dimanfaatkan, keunikan lain di lokasi tersebut, dan lain sebagainya. Promosi seperti ini menjadi salah satu ajang promosi yang tepat sasaran dan memberikan segala hal yang diinginkan oleh peminat wisata di tanah air.

Ke depannya pemerintah juga akan mengupayakan promosi serupa di negara lain untuk lebih mengangkat potensi wisata di tanah air.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.