Wisata Kuliner Lezat khas Banjarnegara

Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan begitu banyak keindahan alam dataran tingginya seperti salah satunya adalah Dieng. Nah, rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Banjarnegara tidak mencicipi kuliner khas nya yang sangat terkenal yaitu Dawet. Selain dawet, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas lainnya yang tak kalah lezatnya. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Dawet Ayu khas Banjarnegara

Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, salah satu kuliner khas Banjarnegara yang sudah cukup terkenal yaitu Dawet. Dawet ini merupakan minuman yang terbuat dari campuran cendol yang berwarna hijau dan gula jawa sebagai pemanis alami. Biasanya minuman ini disajikan dalam berbagai acara seperti acara pernikahan, pertemuan dan lain sebagainya. Tak jarang juga dijajajakan oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan. Rasanya yang manis dan segar, sangat cocok diminum saat siang hari ketika panas sedang terik – teriknya.

2. Soto Krandegan khas Banjarnegara

Ada yang suka soto? Nah, untuk kamu yang suka soto bisa mencicipi Soto Krandengan khas Banjarnegara. Sekilas soto Krandengan ini sangat mirip dengan soto Betawi yang menggunakan kuah santan dan campuran daging sapi. Rasanya yang sangat gurih mampu menghipnotis siapa saja yang menikmatinya. Satu porsi soto Krandengan berisi ketupat beras yang ditambahkan campuran tauge, dan beberapa potongan daging sapi lalu disiram dengan kuah santan yang gurih kaya akan rempah. Untuk menambah citarasa jangan lupa menambahkan irisan daun bawang dan bawang goreng diatasnya.

3. Combro Kalipalet

Jika selama ini kita mengenal combro adalah kuliner khas Jawa Barat, namun di Banjarnegara kamu juga bisa menemukan kuliner combro yaitu Combro Kalipalet. Bahan dasar untuk pembuatannya menggunakan tepung singkong yang kemudian dibentuk semacam kerupuk atau opak – opak kecil yang digoreng kering. Meskipun kelihatannya keras, namun ketika digigit ternyata renyah. Ada sedikit rasa pedas yang berpadu dengan rasa gurih sehingga makanan ini memiliki cita rasa yang khas. Combro Kalipalet sangat nikmat dihidangkan bersama cabe rawit dan teh manis hangat.

4. Mi Ongklok Banjarnegara

Untuk kamu yang ingin menikmati kuliner mengenyangkan, Mie Ongklok Banjarnegara bisa dijadikan sebagai salah satu menu untuk pengganjal ketika lapar. Mie ini dibuat dengan cara dikocok dan ditambahkan dengan bumbu – bumbu dan campuran bahan – bahan seperti daging sapi, ayam, ebi, sawi. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan sate yang berkuah bumbu kacang. Mie yang digunakan biasanya menggunakan mie telor yang sudah direbus hingga setengah matang lalu setelah itu dikocok bersamaan sawi dengan menggunakan air panas.

5. Bakso Ketupat Banjarnegara

Nah, menu yang satu ini rasanya sudah tak asing lagi ditelinga kita yaitu bakso. Menu yang satu ini sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru Indonesia. Kuliner berbahan dasar daging sapi ini menjadi salah satu kuliner favorit disaat perut sedang lapar. Sering berjalannya waktu, kini terdapat beragam menu bakso yang bervariasi. Di Banjarnegara, kamu bisa mencicipi kuliner bakso yang cukup unik yaitu Bakso Ketupat. Sama seperti menu bakso pada umumnya, hanya saja bakso yang satu ini ditambahkan dengan ketupat. Satu porsi Bakso Ketupat Banjarnegara berisi basko sapi, jeroan sapi, ditambah dengan sayuran, mie dan ketupat lalu disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.