Lokasi Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Tak Boleh Diewatkan

Wisata kuliner di Kota Yogyakarta banyak menawarkan keunikan khas dari makanan yang tidak terdapat di kota – kota lain. Bukan hanya alam yang indah saja yang disuguhkan di kota ini namun juga banyak keindahan yang bisa kamu nikmati ketika sedang berkunjung ke kota tersebut. Sejak jaman dahulu, Kota Jogja sangat menyenangkan untuk berburu kuliner murah dan enak. Mau tahu apa saja kuliner khas Yogyakarta yang wajib kamu cicipi ketika sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

1. Sate Klathak Pak Pong

Sate merupakan salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal di telinga pemburu kuliner di Indonesia. Apalagi di setiap daerah, kamu akan dengan mudah menemukan kuliner yang berbahan dasar daging ayam atau daging kambing ini. Namun lain halnya dengan Rumah Makan Sate Klathak Pak Pong. Tempat wisata kuliner ini menyediakan menu sate dengan citarasa berbeda sekaligus cara penyajiannya yang unik. Bertempat di Jalan Imogiri Bantul, Sate Klathak Pak Pong sudah sedemikian populer bagi masyarakat hingga wisatawan yang datang berkunjung. Boleh jadi Sate Klathak Pak Pong menjadi satu – satunya sate yang menggunakan tusuk sate dengan jeruji sepeda karena dengan menggunakan tusuk jeruji sepeda maka daging sate nya akan matang secara merata dan bumbunya pun meresap hingga ke bagian dalam.

2. Kalimilk

Di Jogja banyak sekali tempat – tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong seperti salah satunya adalah Kalimilk. Kalimilk merupakan tempat beraneka ragam untuk minum susu mulai dari susu murni hingga berbagai macam varian rasa seperti cokelat, strawberry, mocca cookies, dan lain sebagainya. Selain susu sebagai menu andalannya, disana juga tersedia berbagai menu makanan yang bisa mengganjal perut kamu ketika lapar seperti roti bakar, sandwich, risoles, dan lain – lain. Lokasi nya terletak di Jalan Kaliurang 6 atau tepatnya sekitar kampus Universitas Gadjah Mada. Buka mulai pukul 10.30 hingga pukul 01.00 WIB. Kalimilk memiliki bangunan 2 lantai yang dimana terdiri dari dua zona yaitu area untuk smooking dan no smooking.

3. Gudeg Pawon

Saat berkunjung ke Kota Yogyakarta, salah satu kuliner yang wajib kamu coba adalah Gudeg. Kuliner yang berbahan dasar nangka ini merupakan makanan khas dan menjadi salah satu ikon kuliner di Yogyakarta. Di Jogja terdapat salah satu warung gudeg yang unik sekaligus sangat populer di kalangan pecinta wisata kuliner yakni Gudeg Pawon. Ada dua keunikan yang dimiliki oleh Gudeg Pawon yaitu pertama, sesuai dengan namanya Gudeg Pawon yang memiliki arti gudeg dapur maka pengunjung yang ingin menikmatinya harus rela berdesak – desakan di dapur pemiliknya. Kedua, Gudeg Pawon hanya buka pada malam hari saja tepatnya di tengah malam ketika semua orang sudah terlelap. Warung Gudeg Pawon ini bisa kamu temukan di Jalan Lanturan 36 – 38 Warungboto, Yogykarta dan buka mulai pukul 23.30 hingga pukul 01.00 WIB.

4. Kedai Rakjat Djelata

Kedai Rakjat Djelata merupakan salah satu tempat makan yang sering diperbincangkan orang di Jogja. Lokasinya berada di Jalan Dr. Sutomo No. 54, Yogyakarta, tepatnya dari Stasiun Lempuyangan lurus ke timur kemudian belok kanan kira – kira 50 meter dan berada di sebelah kiri. Jika dilihat dari segi namanya saja sudah unik kedai rakjat djelata ini, yang pastinya juga sudah terbayang kan jika salah satu tempat kuliner asli di Yogyakarta yang satu ini akan mengusung konsep tempo dulu, jika tidak percaya, Anda bisa mencoba masuk dan memesan beberapa menunya, pastinya Anda akan dibawah ke suasana di masa jadul tempo dulu, ditambahkan lagi juga peralatan makan yang memang dibuat dari seng dengan motif yang cukup khas.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.