Melihat Keindahan Alam Gunungkidul dari Ketinggian di Watu Amben

Kabupaten Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik. Gunungkidul merupakan satu wilayah kabupaten yang masih alami dan masyarakatnya pun banyak yang masih bersifat tradisional dan kental akan budayanya. Namun tahukah kamu, jika Gunungkidul memiliki keindahan alam yang sangat mempesona? Berbicara mengenai keindahan alam atau pemandangan, Gunungkidul memiliki banyak sekali pemandangan alam yang sangat indah. Keadaan alamnya yang masih alami membuat Gunungkidul terlihat masih asri dan adem jika dipandang mata.

Berbagai destinasi wisata alam bisa kamu temukan jika berkunjung ke Gunungkidul seperti wisata pantai, wisata alam, dan lain sebagainya. Salah satu lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berkunjung ke Gunungkidul adalah Watu Amben. Watu Amben merupakan kawasan perbukitan yang letaknya di berada di sebelah selatan dari Bukit Bintang Gunung Kidul tepatnya di Dusun Pandeyan, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.  Posisinya lebih tinggi dari kawasan Bukit Bintang dan menyajikan pemandangan alam yang sangat mempesona dan tak kalah menariknya. Lokasi wisata ini dinamakan Watu Amben karena disana terdapat beberapa bebatuan yang bentuknya mirip “amben” atau tempat yang digunakan untuk tidur.

Menurut salah seorang pengelola warung di dekat lokasi wisata tersebut, Watu Amben ini baru dibuka pada tahun 2017 ini. Namun meskipun lokasi wisata ini terbilang baru, wisatawan yang datang kesini cukup banyak.  Tanda bahwa pengunjung akan memasuki Watu Amben Pandeyan adalah keberadaan papan nama lokasi di sebuah area pinggir tebing yang diapit oleh bangunan warung. Sebelumnya tulisan papan nama tersebut sudah memudar dan akan diperbaharui pada tahun 2017. Tulisan tersebut dibuat para pengelola tempat tersebut dengan dana kas desa. Tulisan Watu Amben biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Rata – rata wisatawan yang berkunjung kesini adalah untuk mengisi akhir pekan dengan melihat keindahan alam dari ketinggian. Berkunjung di pagi hari maka kamu akan merasakan udara sejuk serta heningnya suasana di Watu Amben. Kicauan burung dari sisi bukit yang ditumbuhi pepohonan, memecah kesunyian di pagi hari. Biasanya saat sore hari menjelang, kawasan ini selalu di padati oleh pengunjung. Ada juga pengunjung yang datang pada malam hari untuk melihat lampu – lampu kota dari ketinggian.

Berkunjung ke Watu Amben tak perlu khawatir akan kelaparan, karena disana terdapat warung – warung yang menyediakan berbagai menu seperti Bakmi Jawa, Tongseng, dan berbagai minuman hangat. Akses menuju Watu Amben sangat lah mudah, kamu bisa melewati  Jalan Yogyakarta – Wonosari, hingga sampai perempatan Pathuk belok ke kanan. Lalu ikuti jalan kurang lebih 3 Km, Watu Amben berada di pinggir Jalan Pleret – Pathuk.

Share this:

Leave a comment