Warung Bakmi Suka, Warung Makan Legendaris yang Masih Eksis Sampai Saat Ini di Purworejo

Setiap daerah pastinya memiliki warung makan legendaris yang tidak pernah sepi oleh pelanggan dari pertama kali buka hingga saat ini. Tak terkecuali juga dengan salah satu daerah di Jawa Tengah ini yaitu Kabupaten Purworejo. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki beberapa rumah makan legendaris yang masih tetap eksis seperti salah satunya adalah Warung Bakmi Suka. Warung makan ini lokasinya berada di Jalan KH Ahmad Dahlan 103 Purworejo. Salah satu menu yang menjadi andalan di warung bakmi ini adalah bakmi goreng dan bakmi godok (kuah). Uniknya lagi, olahan bakmi di rumah makan ini bergaya masakan China karena perintis Warung Bakmi Suka dulunya merupakan tenaga masak di rumah makan China yang ada di Purworejo.

Pada tahun 1969 sang pemilik Warung Bakmi Suka bekerja di warung makan Angko selama 20 tahun, lalu kemudian pada tahun 1985 sang pemilik memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Meskipun menempati bangunan yang sederhana namun warung makan ini selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan nya setiap hari. Seporsi bakmi goreng berisikan mie kuning yang dimasak bersamaan dengan potongan kubis serta daging ayam kampung. Untuk bumbu nya pun menggunakan bumbu dapur pada umumnya yaitu bawang putih dan bumbu rempah lainnya. Tak lupa juga ditambahkan kaldu ayam dan kecap manis agar tambah lezat dan nikmat. Rasa gurih namun sedikit manis merupakan salah satu ciri khas dari bakmi goreng ini. Jika kamu menyukai rasa pedas, maka bisa menambahkan sambal kecap dan cabai rawit sebagai pendampingnya.

Tak hanya bumbu – bumbu saja yang terus dipertahankan namun cara memasaknya pun terus dipertahankan dengan menggunakan arang sehingga menghasilkan citarasa yang nikmat dan sangat khas. Tak hanya menyajikan menu bakmi saja namun ada juga menu lainnya yang bisa kamu pilih mulai dari Fuyung Hay, Pak Lay, Misoa, Nasi Goreng, Sup Jamur dan beberapa menu lainnya yang dapat menggugah selera. Saat pertama kali berkunjung ke warung makan ini, kesan klasik akan langsung terasa karena di dalam warung terdapat deretan meja dan kursi tua yang terbuat dari kayu ataupun besi.

Dalam sehari, warung makan ini bisa menghabiskan 12 hingga 13 ekor ayam kampung untuk aneka macam masakan. Apalagi jika hari libur tiba, jumlah tersebut akan bertambah lagi karena banyaknya pelanggan yang datang dari luar daerah Purworejo. Setiap hari Bakmi Suka buka dari pukul 11.00 hingga 22.00. Untuk satu porsi bakmi goreng/godog harganya Rp 25.000. Harga yang sama juga untuk menu cap cay dan nasi goreng. Harga bakmi, cap cay, dan nasi goreng di warung ini memang lebih mahal dari warung kebanyakan, tetapi setiap porsinya sangat banyak sehingga bisa untuk makan berdua.

Share this:

Leave a comment