Cari Oleh – Oleh khas dari Pulau Madura? Datang Saja ke Toko Nusa Indah

Berkunjung ke suatu daerah tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh – oleh khas dari daerah tersebut. Nah, jika saat ini kamu berkesempatan berkunjung ke Pulau Madura maka jangan lupa membawa oleh – oleh khas dari pulau tersebut. Di pintu masuk jembatan Surabaya – Madura (Suramadu) berjejer pernak – pernik hingga panganan khas pulau di Jawa Timur ini. Pulau Jawa dan Madura saat ini telah dihubungkan dengan sebuah jembatan megah yang bernama Jembatan Suramadu. Di ujung jembatan, tepatnya di pintu masuk dari Pulau Madura berjejer toko souvenir khas pulau di Jawa Timur ini. Puluhan toko menjajakan berbagai macam pernak – pernik dan panganan khas Madura, maka tak heran jika kawasan ini selalu ramai pengunjung.

Saat pertama masuk ke toko, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan berbagai macam model batik tulis khas Madura mulai dari batik yang berupa selendang, kemeja, daster, pakaian wanita hingga pakaian anak. Mengenai harganya kamu tak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan bervariatif dan cukup terjangkau tergantung dari corak dan tingkat kerumitan motif batiknya. Di Toko Nusa Indah, batik yang bisa kamu pilih beraneka ragam dan harganya pun cukup terjangkau jika dibandingkan dengan tempat – tempat lainnya. Diantara deretan batik – batik yang terpajang terlihat foto beberapa artis ibukota yang pernah berbelanja di tempat ini sedang berpose bersama si pemilik toko. Berarti itu tandanya toko Nusa Indah sudah tak perlu diragukan lagi oleh – oleh khasnya, sangat di rekomendasikan sekali jika kamu sedang berkunjung ke Pulau Madura dan kebetulan ingin mencari oleh – oleh.

Jika masuk lebih dalam lagi, kamu akan menemukan oleh – oleh khas Pulau Madura lainnya yaitu berupa camilan dan aneka makanan khas Madura yang tersusun dan terpajang rapi di rak – rak besi. Meskipun toko oleh – oleh ini masih terbilang tradisional namun toko ini memudahkan para pengunjungnya untuk mencari makanan atau barang yang dicari. Di setiap rak terdapat kertas yang bertuliskan nama barang dan harga barang tersebut, sehingga para pengunjung tidak akan kesulitan lagi untuk mengetahui nama barang tersebut. Salah satu oleh – oleh khas Madura adalah Lorjuk. Mungkin masih sedikit asing dengan jenis makanan yang satu ini. Lorjuk merupakan sejenis binatang laut yang masih termasuk ke dalam keluarga kerang – kerangan dengan bentuk yang cukup kecil jika dibandingkan dengan kerang – kerangan yang biasa di konsumsi.

Lorjuk ini biasanya di goreng kering dan rasanya yang asin dan gurih meskipun masih ada sedikit bau amisnya namun rasanya tetap lezat. Bahkan ada sebagian orang yang suka mengkonsumsinya dengan nasi hangat plus sambal. Karena bentuknya yang cukup kecil dan tingkat kesulitannya inilah yang membuat harganya relatif mahal untuk per kemasannya. Untuk menyiasatinya maka pedagang kreatif mengolah lorjuk menjadi campuran dalam rengginang dan kacang, sehingga rasa dari rengginang lorjuk dan kacang lorjuk menjadi lebih gurih dan enak. Selain lorjuk, disini juga terdapat aneka olahan laut lainnya seperti petis, ikan asin, teripang, keripik ikan dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan di belakang meja kasir juga terdapat etalase kaca yang menampilkan aneka jamu asli Madura, Madura memang terkenal dengan ramuan jamunya yang kata orang cukup berkhasiat. Ada yang penasaran buat mencoba ramuan Madura?

Share this:

Leave a comment