Tips Wisata Saat Berkunjung ke Pulau Komodo

Nusa Tenggara Timur memang sangat wajib untuk di eksplorasi keindahan alam nya, seperti salah satunya sebuah destinasi wisata alam yang sudah tak asing lagi di telinga kita yaitu Taman Nasional Komodo. Di Taman Nasional Komodo ini terdapat beberapa pulau – pulau dengan keindahan alam nya yang mempesona  seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, serta beberapa pulau – pulau kecil lainnya. Salah satu pulau yang memiliki daya tarik tersendiri adalah Pulau Komodo, berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Yang menjadi daya tarik dari pulau ini adalah terdapat sekitar 1.000 ekor komodo bahkan lebih. Tak heran jika pulau yang terletak di sebelah barat Labuan Bajo ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Di pulau ini kita dapat melihat hewan karnivora ini secara langsung. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin melihat Komodo secara langsung. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Hati – Hati Jika Sedang Menstruasi

Bagi kaum wanita yang sedang menstruasi, diharapkan tetap waspada dan hati – hati ketika berkunjung kesini karena Komodo sangat peka dengan bau darah dan bisa berubah menjadi ganas saat mencium bau darah. Ada baiknya jika sedang menstruasi tidak melakukan trekking di Pulau Komodo.

2. Jangan Memakai Parfum

Tak hanya bau darah saja, namun Komodo juga sangat sensitif dengan aroma parfum yang menyengat. Hal ini dikarenakan penciuman Komodo yang sangat tajam. Maka dari itu disarankan tidak menggunakan parfum ketika sedang melihat Komodo.

3. Tidak ada Komodo yang Jinak

Meskipun tidak bergerak sekalipun, tidak ada Komodo yang jinak. Bahkan ketika sedang diam, Komodo bisa menyerang secara tiba – tiba. Maka dari itu disarankan untuk tetap hati – hati dan jangan sampai keluar dari pengawasan ranger.

4. Lari ke Rumah Panggung

Nah, jika kamu dikejar Komodo disarankan untuk berlari secara zig – zag karena tubuh Komodo sulit untuk berbelok. Jika ada rumah panggung, maka tak ada salahnya untuk lari ke rumah panggung tersebut karena rumah panggung memiliki tangga yang dimana Komodo sulit untuk menjangkau rumah tersebut.

5. Jangan dekati Komodo yang Sedang Bertelur

Sama seperti hewan lainnya, Komodo yang sedang bertelur akan lebih agresif dari biasanya karena untuk menjaga telurnya. Maka dari itu jangan coba – coba mendekati Komodo yang sedang bertelur jika tidak ingin diserang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.