Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga dengan Matang

Jika anda sedang mempersiapkan liburan bersama keluarga, tentunya anda ingin liburan itu menjadi momen yang membahagiakan dan berharga. Maka dari itu untuk menghindari hal yang mengecewakan anda, persiapan liburan anda harus direncanakan secara hati-hati. Perencanaan itu termasuk waktu sampai tujuannya. Berikut adalah tips yang dapat anda pertimbangkan:

Waktu harus ditetapkan secara pasti  
Waktu termasuk tanggal yang akan anda tentukan untuk liburan harus ditetapkan. Pertimbangkan tanggal cuti kerja, liburan sekolah anak-anak, dan tanggal-tanggal lainnya. Setelah itu atur berapa lama anda akan berlibur, termasuk juga lama perjalanan yang akan ditempuh akankah perjalanan ditempuh lama di waktu padat kunjungan atau lebih sebentar di waktu sepi kunjungan.

Buat list tujuan liburan favorit anda  
Pastikan anda mencari tahu kemana tujuan liburan anda. Setelah ditemukan buatlah list atau daftar tempat yang akan menjadi tujuan liburan anda. Pilih objek-objek wisata yang menurut anda menarik untuk dikunjungi dan juga pilih kemana saja tempat yang akan anda kunjungi selama liburan. Agar tidak mengecewakan, pertimbangkan masukan dari anggota keluarga anda yang ikut berlibur. Diskusikan daftar secara bersama-sama. Tempat tujuan ini termasuk juga tempat yang akan anda kunjungi untuk belanja, makan, dan menginap. Jangan sampai ada satu angota keluarga anda yang kecewa atas keputusan yang telah diambil.

Pertimbangkan juga cuaca di daerah tujuan. Apalagi jika tujuan liburan anda di luar negeri yang tentunya memiliki pola musim yang bisa berbeda-beda satu sama lain. Lakukan penyesuaian jadwal dan tempat untuk menghindarkan anda dan keluarga dari kondisi cuaca yang mengecewakan dan mengganggu momen liburan keluarga anda.

Pertimbangkan internet sebagai referensi informasi liburan anda  
Di era online sekarang, Internet menyajikan banyak informasi yang anda butuhkan. Ada banyak website yang membahas tentang informasi-informasi tentang liburan mulai dari tujuan dan biaya yang dibutuhkan.

Pastikan anda mendapatkan informasi yang terperinci dan memenuhi apa yang anda ingin cari tahu. Mulai dari tempat objek wisata, tempat belanja, tempat makan, dan tempat anda menginap nanti. Rancang rencana perjalanan anda sematang mungkin dan selalu kroscek dengan hasil temuan informasi anda di Internet.

Konsultasikan dengan teman anda  
Mungkin ada beberapa dari rekan anda yang suka berlibur dan pernah mengunjungi tempat yang anda ingin kunjungi. Mintalah bantuan, saran dan masukan dari mereka untuk memaksimalkan perencanaan liburan anda.

Ketika kita mengkonsultasikan rencana liburan anda pada teman, anda lebih bisa mempercayai informasi yang teman anda berikan. Disamping anda mengenai baik teman anda bagaimana, sudah tentu teman anda juga mengenal baik anda. Teman anda akan bisa membantu memikirkan pilihan yang cocok untuk anda. Ia bisa memberikan rekomendasi yang relevan dan reliable pada anda, terlebih jika teman anda sudah memiliki pengalaman di tempat yang ingin anda kunjungi.

Cari promosi-promosi menarik dan menguntungkan dari situs agensi perjalanan  
Situs travel agent di internet atau iklan-iklan di media massa biasanya memiliki program promosi-promosi yang menarik termasuk diskon-diskon harga, mulai dari tiket kendaraan (bis, pesawat, dsb), diskon akomodasi penginapan, Situs perjalanan biasanya menawarkan berbagai diskon, mulai dari tiket pesawat, hotel, fasilitas akomodasi pesawat, tiket-tiket kunjungan objek wisata dan acara-acara, juga paket wisata secara keseluruhan.

Peluang ini, selain membantu penghematan anggaran liburan anda, hal ini akan membantu anda dan keluarga untuk dapat menikmati liburan anda secara total.

Perhatikan barang-barang yang akan dibawa.  
Buatlah daftar barang-barang apa saja yang akan dibawa semasa liburan. Biarkan dulu setiap keluarga membuat daftarnya masing-masing. Setelah masing-masing anggota keluarga membuat daftarnya diskusikan secara bersama-sama barang apa saja yang memang perlu dan tidak perlu untuk dibawa.

Sesuaikan pakaian dengan kondisi cuaca, dan pikirkan jumlah berat yang akan dibawa dengan kapasitas bagasi yang anda dapatkan agar tidak melebihi kapasitas.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.