Tips Kesehatan Atasi Sembelit Saat Bulan Puasa

Mungkin bagi sebagian orang ada yang suka merasakan sembelit pada saat puasa karena kurangnya asupan serat. Kebutuhan serat setiap orang per hari memang bervariasi tergantung kebutuhan tiap individu. Namun menurut seorang gastroenterologist di Mayo Clinic yang bernama Arthur Beyder, MD, PhD mengatakan jika seorang wanita paling tidak mengkonsumsi 25 gram serat per hari nya sedangkan untuk laki – laki yaitu 38 gram per harinya.  Berikut ada beberapa makanan terbaik yang dapat Anda konsumsi pada bulan puasa untuk menghindari sembelit. Diantaranya adalah: 

Anggur
Jika Anda mengkonsumsi 10 buah anggur itu artinya Anda sudah mendapat asupan serat sebanyak 2,6 gram. Buah yang satu ini memang sangat cocok sekali dikonsumsi saat berbuka puasa agar sistem pengeluaran Anda teratur saat pagi hari.

Apel
Departemen Pertanian Amerika Serikat mengatakan, bahwa sebuah apel ukuran sedang mengandung serat sebesar 4,4 gram. Apel juga merupakan sumber serat yang solid bagi tubuh.

Beri – berian
Jenis beri – beri yang dapat menghindari sembelit adalah seperti raspberry, balckberry dan strawberry. Setengah cangkir strawberry ternyata mengandung 2 gram serat sedangkan raspberry mengandung 4 gram serat dan blackberry mengandung 3,8 gram serat dengan porsi yang sama yaitu setengah cangkir.

Brokoli
Seperti kacang – kacangan, brokoli kaya akan serat, rendah kalori dan sumber nutrisi yang baik. Usahakan jangan terlalu matang saat mengolah brokoli karena kandungan serat yang terkandung di dalam brokoli matang akan lebih sedikit seratnya.

Gandum utuh
Havermut, barley, beras merah dan gandum hitam merupakan jenis gandum utuh yang mengandung kaya serat. Sebuah studi di Finlandia mengatakan jika sembelit ringan dapat diatasi dengan mengkonsumsi roti gandum.

Kacang – kacangan
Kacang lentil dan kacang hitam merupakan jenis kacang – kacangan yang paling banyak mengandung serat. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition, selain serat, kekurangan magnesium juga dapat menyebabkan seseorang merasakan sembelit. Secangkir kacang – kacangan mengandung serat sebanyak 15 gram bahkan lebih.

Lidah buaya
Di dalam lidah buaya mengandung enzim senna dan cascara yang berfungsi untuk membersihkan usus. Lidah buaya ini bisa Anda kombinasikan ke dalam smoothies atau salad. Baiknya di konsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.