Pusat Kuliner di Kota Barat yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Jalan Doktor Moewardi merupakan salah satu ruas jalan yang terkenal di Kota Solo. Terkenalnya ruas jalan tersebut dikarenakan di sepanjang Jalan Doktor Moewardi terdapat banyak penjual makanan yang berdagang dari sore hari hingga malam hari. Kebanyakan orang mengenal kawasan kuliner tersebut dengan nama daerah Kota Barat bukan Jalan Doktor Moewardi. Alasan kawasan tersebut dikenal dengan nama  Kota Barat karena di kawasan tersebut terdapat sebuah lapangan yang bernama Lapangan Kota Barat. 

Kawasan tersebut sangat terkenal sejak beberapa tahun lalu karena di sepanjang trotoar dari ujung hingga ke ujung jalan dipenuhi oleh para pedagang makanan yang menggunakan tenda. Para pedagang membuka tendanya masing – masing sejak pukul 17.00 WIB hingga tengah malam sekitar pukul 24.00 WIB. Bahkan ada sebagian dari pedagang tersebut, berjualan hingga sampai dini hari. Disana terdapat aneka jajanan yang bisa kamu coba seperti burger, hotdog, martabak manis, Martabak Kota Barat atau biasa disebut Markobar, warung susu hingga warung es campur. Tak hanya makanan ringan saja, namun ternyata disana juga tersedia makanan berat seperti sate kambing, nasi kebuli, nasi liwet, nasi goreng, bakmi, sate ayam, aneka penyetan, seafood, sambel belut, dan gudangan.

Di sebelah Selatan Hotel Agas dan disebelah Barat Mal Paragon terdapat kedai susu segar Shi Jack dan Martabak Delapan Rasa yaitu Markobar. Di kawasan tersebut selalu ramai oleh pembeli tak terkecuali para pelancong yang berasal dari luar Kota Solo. Salah satu putra sulung Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming, ikut membeli hak untuk menjual Markobar atau biasa dikenalnya dengan usaha waralaba atau franchise Markobar sejak tahun 2015 yang lalu.

Sang putra sulung Presiden Joko Widodo membuka tempat usaha semacam kafe bernama Markobar. Lokasinya berada di sebelah Barat Solo Grand Mall atau berjarak sekitar 200 meter dari Kota Barat menuju arah ke Selatan. Fakta bahwa Gibran memiliki waralaba Markobar (walaupun cafenya berada di lokasi lain), menciptakan Markobar di Kota Barat semakin terkenal. Menciptakan Markobar sebagai tenda kuliner yang terramai di Kota Barat, selain kedai susu segar Shi Jack.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.