Tips Dan Trik Membuat Travelling Video Yang Menarik

Membuat sebuah video travelling bukanlah hal yang sulit, namun nyatanya tidak semua orang menguasai trik-triknya. Seperti yang diutarakan oleh fotografer perjalanan yang telah lama bergelut di bidang foto dan video travelling, Barry Kusuma, bahwa video ini dapat berisi segala macam hal mengenai perjalanan kita selama berjalan-jalan. Kontennya sendiri bebas. Apakah akan berisi tentang keseruan momen saat menikmati wahana atau kekayaan alam yang ada bersama dengan keluarga dan teman-teman, ataukah berisi tentang eksplorasi tujuan wisata yang dikunjungi. Di bawah ini ada beberapa tips dalam membuat video perjalanan wisata dari Barry Kusuma.
1. Serupa dengan langkah membuat foto perjalanan yang baik, dalam membuat video travelling pun Anda diharuskan untuk telah mendesain dan memikirkan akan bagaimana konsepnya. Konsep di sini berarti akan seperti apa dan bagaimana video yang Anda buat nantinya. Hal ini penting karena terdapat berbagai macam video travelling yang bisa Anda aplikasikan, seperti time collapse video, bagaimana serunya menikmati destinasi bersama dengan teman, setiap momen travelling Anda dokumentasikan, atau video footage mengenai keeksotisan tujuan wisata yang Anda datangi.
2. Sebab tema besar video ini adalah hal-hal mengenai perjalanan, biasanya viralisasi video ini nantinya hanya untuk dimasukkan ke dalam akun sosial media ataupun juga digunakan dalam sebuah tayangan televisi mengenai travelling. Dengan memakai Pocket Camera atau DSLR yang mempunyai entry level sudah terasa cukup untuk hasil yang memuaskan. Terlebih lagi, saat ini telah tersedia banyak jenis action camera yang cukup untuk membuat sebuah video travelling yang berkualitas baik.
3. Jangan ragu untuk ambil banyak scene saat Anda melakukan perjalanan, ambil kapan pun dan dimana pun. Hal ini perlu karena akan membantu Anda memiliki banyak pilihan saat proses pengeditan nantinya. Acap kali saat mengambil video, stok dirasa cukup. Akan tetapi saat dalam proses pengeditan, stok terasa kurang dan menyesal di akhirnya. Oleh karena itu, sebenarnya pengambilan video dan foto memiliki beberapa kesamaan, ambil sebanyak-banyaknya dan kemudian pilih mana yang terbaik dari antara stok yang tersedia.
4. Milikilah dua buah baterai substitusi agar aman. Membuat video itu memerlukan banyak energi untuk kamera sehingga kondisi baterai nanti cepat terkuras. Hal ini krusial apabila Anda berada di sebuah pedalaman ataupun terpencil yang susah untuk mengisi energi pada baterai yang mengakibatkan Anda kehilangan momen untuk Anda kenang melalui kamera Anda karena tidak terasa bahwa baterainya sudah habis.
5. Ambil angle yang menarik dan memiliki sudut pandang yang berbeda dengan video lainnya. Dewasa ini teknologi video pada kamera sudah bisa mempermudah videographer untuk bereksperimen dan mencoba berbagai sudut pandang. Agar bisa membuat video yang brilian juga diperlukan untuk mengobservasi berbagai video perjalanan yang terkenal, seperti acara TV travelling atau ulasan dari para ahli videographer di Youtube dan sebagainya.
6. Tidak harus memakai kamera DSLR, Anda bisa menggunakan smartphone Anda dan mulai belajar membuat video travelling dengannya. Saat ini fitur kamera berbagai tipe smartphone sudah berkualitas tinggi dan memiliki resolusi yang kian meningkat. Apabila tetap kekeuh menginginkan kualitas prima dan tidak mau ribet dalam membawa, Anda dapat membeli action camera yang sedang hits dan tersedia di seluruh toko-toko kamera. JIka ingin hasil yang professional dapat memakai kamera DSLR dan memakai tripod ataupun camera stabilizer agar rekaman Anda tidak goyang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.