Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Dijamin Membuat Anda Ketagihan

Apabila Anda sedang berwisata ke sebuah daerah dan tidak mencicipi hidangan khas dari daerah tersebut, bisa dikatakan seperti ada yang kurang dari perjalanan Anda tersebut. Sama halnya jika Anda sedang mengunjungi pulau Bangka di Kepulauan Riau. Merasakan eksotisnya pantai-pantai yang terhampar di sepanjang garis luar pulau yang dikenal kaya akan kandungan timahnya ini pastinya belum terbayar lunas apabila belum mencicipi makanan khas dari Bangka, yakni Lempah Kuning.
Bangka Belitung memang tak dapat dipisahkan dengan laut, begitu pula makanannya. Lempah kuning sering disebut sebagai Ganggan oleh masyarakat Belitung. Ganggan ini ternyata fleksibel dalam penggunaan bahan bakunya, yakni bisa menggunakan ikan Ketarap, Kerisi, Tengiri, dan Pari. Ikan kemudian diolah dan penggunaan kunyit sebagai bumbu utama akan membuat Ganggan memiliki bau yang semerbak.
Bagi Anda pecinta kuliner pedas akan sangat sulit untuk menolak mencicipi Lempah Kuning karena rasanya yang maknyus. Rasa manis, asam, dan pedas berpadu dengan sempurna dan membuat lidah yang mencicipinya akan bergoyang dan ketagihan oleh karenanya. Kuliner khas keturunan Melayu di Kepulauan Riau ini juga memakai buah nanas sebagai pelengkap hidangan agar Lempah Kuning terasa menyegarkan dan tidak berbau amis. Tidak adanya bau amis ini juga disebabkan oleh dominasi kunyit pada hidangan tersebut yang ternyata juga dipercaya mempunyai beragam khasiat bagi kesehatan tubuh.
Ganggan atau Lempah Kuning merupakan menu utama di beberapa rumah makan yang menghidangkan berbagai olahan seafood di ibukota provinsi Kepri, Pangkalpinang. Apabila Anda ingin mencicipi makanan khas Bangka Belitung ini sambil menikmati deburan ombak di tepi pantai, terdapat dua warung makan yang ada di pantai Pasir Padi, yakni RM Biru Laut dan RM Aroma Laut. Kedua warung makan ini hanya berkisar 15 km jauhnya dari kota Pangkalpinang. Berbagai olahan seafood yang modern ataupun ingin merasakan kuliner khas Bangka dapat dinikmati dari atas RM Aroma Laut yang mengambil desain kapal laut persis di tepi pantai Pasir Padi. Sedangkan di RM Biru Laut, berbagai makanan khas Bangka Belitung dapat Anda rasakan di beberapa pondok yang disediakan oleh rumah makan ini. Tempatnya terhitung luas dan rumah makan ini sangat pas untuk menikmati pemandangan pantai Pasir Padi dan Pulau Panjang.
Lempah kuning baru akan diolah dan dimasak oleh juru masak di berbagai rumah makan di Bangka apabila ada yang memesannya untuk menjamin kesegarannya. Walaupun sajian ini bisa menggunakan berbagai jenis ikan sebagai bahan dasarnya, namun di RM Biru Laut hanya Lempah Kuning Pari yang saat hari apapun bisa dipesan untuk disantap. Umumnya, ikan pari dihidangkan dengan cara memotong-motong dadu dagingnya serta dapat dipesan dengan opsi tambahan buah nanas ataupun tidak. Selain itu, menu ikan pari bakar yang dihidangkan dengan sambal khusus khas Bangka juga dapat Anda pesan di sini.
Mencicipi Lempah Kuning pari juga lebih lengkap apabila ditemani es kelapa muda sebagai minuman pendampingnya. Sensasi kenikmatannya terjamin akan terngiang-ngiang dan sulit untuk dilupakan.
Tempat wisata pantai Pasir Padi umumnya akan disesaki oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, saat akhir pekan, Jumat-Sabtu-Minggu. Apabila Anda ingin mendapatkan suasana yang sepi dan tenang dalam menikmati keindahan pantai tersebut dan ditemani dengan hidangan Lempah Kuning, alangkah baiknya jika Anda berkunjung ke RM Biru Laut saat jam kerja di hari Senin sampai Kamis.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.