Timlo Solo, Kuliner khas Solo yang Patut Dicoba Ketika Berkunjung Kesana

Indonesia sangat terkenal dengan destinasi wisata yang sangat luar biasa. Hal ini terbukti karena ada banyak tempat wisata atau destinasi wisata Indonesia yang menjadi sorotan publik baik dari Indonesia ataupun mancanegara. Akan tetapi, tak hanya destinasi wisata alamnya saja yang diunggulkan namun di Indonesia juga terdapat beberapa obyek wisata kuliner yang tentunya bisa membuat lidah kamu bergoyang. Nah, jika liburan kali ini kamu berkesempatan berkunjung ke Kota Solo jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas nya yaitu Timlo Solo.

Timlo Solo ini merupakan makanan sejenis sup dengan berbagai komponen bahan yang membuat kuliner ini menjadi mantap rasanya. Saat ini kuliner Timlo ini sudah tersebar di berbagai daerah namun yang paling terkenal adalah Timlo Solo. Salah satu Timlo Solo yang sudah cukup terkenal dari tahun 1952-an adalah Timlo Sastro atau biasa dikenal dengan sebutan Timlo Sastro Balong. Lokasinya bisa kamu temukan di salah satu sudut Pasar Gedhe Kota Solo (pasar gede timur 1-2).

Meskipun menempati bangunan yang sederhana, namun rumah makan ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Setiap harinya selalu ada saja pembeli yang memadati rumah makan ini. Satu porsi Timlo Solo terdiri dari beberapa potongan hati ampela, telur pindang, dan sosis solo dengan siraman kuah yang bening. Untuk rasa tak perlu ditanyakan lagi karena sudah pasti gurih dan segar. Untuk menambah cita rasa yang khas, kamu juga bisa menambahkan sedikit kecap yang sudah tersedia di atas meja. Selain itu, di rumah makan tersebut juga terdapat live music keroncong dan campur sari yang bisa menghibur siapa saja yang datang ke rumah makan tersebut.

Rumah makan ini hanya menyajikan menu timlo dengan penyajian yang bervariasi seperti telur rempelo ati, sosis rempelo ati, telur sosis, rempelo ati kuah, sosis kuah, telur kuah dan nasi timlo. Untuk harganya pun cukup bervariasi yaitu mulai dari Rp. 6 ribu hingga Rp. 14 ribu sesuai isinya yang bervariasi. Sedangkan untuk menu timlo komplitnya sendiri dibandrol dengan harga 14ribu rupiah belum termasuk nasi putih 3ribu. Biasanya warung ini sudah buka sejak jam setengah 7 pagi sampai jam setengah 4 pagi setiap hari.

Share this:

Leave a comment