Berlibur ke Makassar? Jangan Lupa Cicipin Kuliner – Kuliner Ini Ya!

Berlibur ke suatu daerah tak hanya untuk menikmati keindahan alamnya saja yang eksotis atau takjub dengan budaya lokal. Namun tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Nah, mungkin kamu bisa berkunjung ke daerah Makassar untuk mengisi liburan kali ini. Makassar merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal akan kuliner makanannya mulai dari rasa gurih asin hingga manis bisa kamu temukan dan kamu cicipi ketika sedang berada di Kota Angin Mamiri itu. Berikut beberapa kuliner khas Makassar yang bisa dijadikan sebagai referensi kamu saat berwisata kuliner di Makassar, diantaranya adalah:

1. Palubassa

Palubassa merupakan salah satu kuliner khas Kota Makassar yang cukup terkenal. Palubasa merupakan kuliner yang terdiri dari daging sapi dengan ditambahkan kuah kaldu yang berwarna cokelat dan diberi campuran parutan kelapa. Rasa gurih, asam, asin dan pedas bisa ditambahkan menggunakan jeruk nipis dan sambal cair. Kalau masih kurang juga cita rasanya, kamu bisa meminta untuk menambhakn telur mentah untuk dicampurkan dengan Palubasa. Salah satu tempat yang menyediakan Palubassa adalah Kedai Palbas Serigala. Harga semangkuk Palubasa ditawarkan mulai dari Rp 20.000 namun jika kamu ingin menggunakan telur cukup menambahkan Rp 3.000.

2. Coto Makassar

Ini dia yang juga tak boleh ketinggalan saat pergi ke Makassar. Kuliner tradisional daerah Sulawesi Selatan yang berisi potongan – potongan jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Potongan – potongan jeroan dengan daging sapi diiris-iris kemudian dibumbui dengan racikan khusus. Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat. Lokasi yang menjual kuliner ini bisa kamu temukan di sepanjang Jalan Sultan Hassanuddin, Makassar

3. Pisang Epe dan Sarabba

Di dekat Anjungan Pantai Losari, Anda dapat mencicipi salah satu kuliner khas Makassar yaitu Pisang Epe beserta teman menyantapnya yaitu Sarabba. Pisang Epe panggang bisa kamu nikmati dengan berbagai pilihan saus yaitu gula merah, durian, cokelat, dan keju. Pisang Epe sangat cocok disantap dengan Sarabba selagi hangat. Sarabba merupakan minuman hangat khas Makassar yang juga berguna meningkatkan stamina, melancarkan peredaran darah, mengatasi perut kembung, dan mengobati influenza. Sarabba berbahan dasar gula merah, jahe, santan, susu, garam, merica, biji pala, dan kayu manis. Minuman ini dapat kamu coba ketika berada di Kota Makassar. Untuk menikmati kedua kuliner tersebut, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000.

4. Sop Konro

Konro adalah makanan khas Sulsel berbahan baku iga sapi atau kerbau yang dimasak dan diramu dengan rempah – rempah seperti lada hitam, daun seledri, bawang goreng, jeruk nipis, dan sambal. Nah, di Makassar Anda bisa menemukan kuliner tersebut di berbagai sudut kota. Salah satunya Anda bisa menemukan di Restoran Sop Konro Karebosi di Jalan Gunung Lompobattang, Kec. Makassar, Sulawesi Selatan.

5. Es Pisang Ijo

Belum lengkap rasanya ketika berlibur ke Makassar tanpa menikmati Es Pisang Ijo. Es Pisang Ijo ini terdiri dari pisang raja yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau. Selain itu juga, pisang ijo mempunyai saus yang terbuat dari santan. Untuk menambah rasa nikmatnya, bisa menambahkannya dengan es dan sirup sesuai selera. Hampir di setiap sudut Kota Makassar Anda bisa menemukan kuliner segar khas Makassar ini, salah satunya adalah di Bravo Restaurant yang terletak di Jl. Andalas No.145, Melayu, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Share this:

Leave a comment