Tauto Ibu Bawon, Soto khas Pekalongan yang Sudah Sangat Terkenal

Kuliner nusantara merupakan salah satu kebanggaan yang dimiliki oleh warga Indonesia. Dimana di masing – masing daerah pasti memiliki ciri khas kuliner yang unik, menarik dan penuh cita rasa. Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya, tak hanya hasil alam nya saja yang melimpah namun juga beragam sukunya sehingga menghasilkan berbagai macam kuliner khas daerahnya masing – masing. Kuliner khas Indonesia yang tentunya sudah tak asing lagi meliputi soto, coto, sroto, atau tauto. Kuliner – kuliner tersebut tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Sebenarnya kuliner tersebut sama saja yang intinya merupakan kuliner soto namun hanya saja berasal dari daerah – daerah yang berbeda serta komposisi dan cita rasanya pun berbeda. 

Misalnya saja seperti Tauto yang merupakan sebutan soto khas Pekalongan. Tauto ini sebenarnya singkatan dari soto dan tauco, karena soto khas Pekalongan menggunakan tauco sebagai salah satu ciri khas nya. Jika berkunjung ke Pekalongan maka kamu akan menemukan banyak penjual tauto, namun salah satu tauto yang sudah cukup dikenal adalah Tauto PPIP atau Tauto Ibu Bawon. Tauto Ibu Bawon ini lokasinya berada di Jalan Dr. Wahidin tepatnya di Kompleks Grosir Batik PPIP Pekalongan. Lokasinya tidak terlalu sulit untuk ditemukan, namun jika kamu tidak menemukannya jangan segan – segan untuk bertanya dimana lokasinya kepada warga sekitar karena sebagian dari warga Pekalongan sudah tahu dimana lokasi Tauto Ibu Bawon tersebut.

Kedai Tuto Ibu Bawon menempati bangunan yang cukup sederhana dan di bagian depan warung nya terpasang spanduk yang bertuliskan “Soto PPIP”. Tauto ini berbeda dengan soto pada umumnya, jika soto pada umumnya menggunakan daging ayam namun untuk tauto menggunakan daging kerbau. Jadi jika kamu memesan seporsi tauto maka akan disuguhkan dengan beberapa potongan daging kerbau yang ditambahkan dengan mie bihun, daun bawang, bawang goreng serta diberi siraman kuah panas yang berwarna gelap agak kecokelatan. Warna cokelat tersebut dihasilkan dari penggunaan tauco serta bumbu  rempah. Tauto sangat lezat dinikmati dengan ditemani nasi putih hangat atau lontong. Perpaduan rasanya begitu unik, antara gurih, manis dan juga pedas, ditambah lagi dengan penggunaan daging kerbau yang empuk.

Share this:

Leave a comment