Ternyata Ini Penyebab Rasa Sakit Pada Bahu Saat Membawa Tas, Temukan Solusinya di Sini untuk Mengatasinya

Pernahkah Anda merasakan sakit pada bagian bahu, baik itu salah satu atau keduanya ketika digunakan untuk mengangkat beban layaknya membawa tas? Pastinya sering bukan, hal tersebut tidak hanya kerap dialami oleh wanita yang memiliki bayi saja, melainkan juga yang belum, karena pada dasarnya ada banyak sekali faktor yang menjadi pemicunya. Meskipun terbilang sebagai kondisi yang sepele atau sederhana, namun jika dibiarkan hal tersebut juga sangat menganggu aktifitas sehari-hari. Bahkan terkadang pada saat tidur juga terasa kurang nyaman.

Lalu sebenarnya apa sajakah faktor yang menjadi penyebab sakit pada bahu tersebut? Berikut ini diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Terlalu lama membawa beban, jika seandainya bahu dibiarkan untuk menopang beban terlalu lama, apalagi hanya salah satu bagian bahu saja, sudah pasti nantinya akan menyebabkan rasa sakit. Karena memaksa persendian Anda untuk bekerja terlalu lama. Sehingga nantinya jaringan halus yang ada pada bahu tersebut menjadi mudah cedera atau mengalami peradangan.
  2. Memakai tas selempangan, itulah mengapa tidak dianjurkan bagi anak-anak untuk membawa tas selempangan, lebih aman bagi mereka sebenarnya adalah dengan membawa ransel, karena jenis tas ransel dapat menopang beban kepada kedua bahu Anda. Berbeda dengan tas selempangan yang hanya menopang beban pada satu bahu saja, jadi kerap menyebabkan terjadi cedera. Bahkan mungkin resiko kelainan pada tulang belakang, seperti diantaranya adalah skoliosis, hingga masalah yang berhubungan dengan leher.
  3. Menopang beban hanya pada satu bahu saja, dalam beberapa kondisi misalnya yang sering kali dialami oleh wanita, ketika mereka menggunakan tas selempangan saat bekerja, sudah pasti tas tersebut hanya ditopang oleh sebelah atau satu bahu saja bukan. Resikonya juga sangat tinggi untuk mengalami cedera, dibandingkan dengan tas yang ditopang kedua buah bahu, karena menyebabkan salah satu bagian tubuh menjadi tidak seimbang. Bahkan mungkin meningkatkan resiko masalah kesehatan lainnya, seperti pada bagian leher maupun juga tulang belakang.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi sakit pada bahu yang disebabkan karena membawa tas tersebut? Berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Bawalah tas secara bergantian dari satu bagian bahu ke bahu yang lainnya, cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan bergantian membawa tas, sebentar pada bahu kanan, kemudian diganti dengan bahu kiri. Hal ini sangat berguna dalam mencegah salah satu otot pada bahu bekerja terlalu keras yang justru nantinya akan memperburuk postur tubuh, jadi upayakan pemakaian secara bergantian.
  2. Gunakan es batu, es batu ini berfungsi untuk mengatasi rasa nyeri atau sakit pada bahu Anda, juga mencegah terjadinya peradangan. Caranya sangatlah mudah, yaitu cukup dengan menempelkan es batu tersebut pada salah satu area atau bagian yang sakit selama kurang lebih 15 menit, hingga rasa sakit tersebut hilang.
  3. Kompres memakai air hangat, selain es batu, maka air hangat juga dapat meredakan nyeri akibat kondisi tersebut. Karena air hangat ini bisa menghangatkan jaringan lunak dan juga kembali meningkatkan aliran darah.

Lakukan peregangan pada bahu, lakukan peregangan sederhana yang dapat melemaskan otot-otot pada bahu Anda, sehingga nantinya aliran darah juga bisa meningkat atau lancar kembali, ditambah tubuh juga semakin lentur.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.