7 Masalah Perut Ini Ternyata Rentan Menyerang Saat Travelling

Travelling menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan ketika dilakukan, apalagi jika seandainya dapat mengunjungi tempat-tempat baru. Hanya saja sering kali ketika sedang melakukan perjalanan atau bepergian ini juga berbagai macam masalah kerap kali dirasakan. Apalagi karena memang di tempat yang baru tersebut terkadang kondisi geografis atau cuacanya berbeda, ditambah juga dengan makanan yang dikonsumsi berbeda dibandingkan yang biasa Anda konsumsi sehari-hari. Sehingga sering kali memicu masalah pada perut atau pencernaan.

Berikut ini diantaranya ada berbagai macam masalah kesehatan khususnya pada perut yang umum dirasakan ketika sedang bepergian, yaitu:

  1. Keracunan makanan, jika Anda merasakan beberapa gejala seperti diantaranya adalah muntah, mual sampai dengan diare itu merupakan tanda bahwa tubuh tengah keracunan makanan, sehingga mencoba mengeluarkan zat yang bersifat racun tersebut dari dalam tubuh. Keberadaan bakteri yang ada di dalam tubuh itulah yang menjadi pemicu masalah perut ketika sedang bepergian. Hal ini sering kali terjadi karena sedang travelling seseorang memang menjadi kurang memperhatikan apa yang di konsumsinya. Mengonsumsi makanan sembarangan beresiko untuk sebabkan keracunan.
  2. Gangguan pencernaan, ada beberapa bahan atau kandungan di dalam makanan yang memang beresiko menyebabkan naiknya asam lambung yang ada dalam tubuh. Sehingga menyebabkan perut juga akan merasa mulas, juga menjadi kesulitan untuk mengeluarkan gas atau kentut. Jika mengalami kondisi ini harus segera diobati agar tidak semakin parah.
  3. Kram perut, pernahkah Anda merasakan perut sakit seperti terlilit dan perasaan yang kurang nyaman? Ini adalah gejala dari kram perut. Kondisi tersebut biasa diatasi dengan cara mengontrol jenis makanan yang Anda konsumsi, dianjurkan juga untuk minum lebih banyak air, karena hal tersebut berguna di dalam mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.
  4. Perut kembung, perut kembung ini merupakan masalah pencernaan yang disebabkan oleh konsumsi makanan secara berlebihan, sehingga sering kali perut terasa tidak nyaman dan juga mudah bersendawa atau mengeluarkan gas, karena memang jumlah gas yang ada di dalam perut berlebihan karena produk makanan yang salah tersebut, akan terasa sakit atau tidak nyaman jika seandainya tidak segera diatasi, untuk itu dianjurkan bagi Anda agar segera mengonsumsi obat.
  5. Diare, buang air besar berkali-kali ditambah dengan kondisi feses yang cair sebenarnya adalah gejala Anda terserang diare. Tak jarang juga diare ini memang disertai dengan gejala-gejala lain layaknya mual dan juga muntah. Kontaminasi bakteri pada produk makanan dan juga minuman yang Anda konsumsilah penyebabnya, sehingga harus berhati-hati. Sebaiknya saat terserang diare maka minum sebanyak-banyaknya agar tidak mengalami dehidrasi.
  6. Infeksi cacing tambang, cacing tambang ini dapat masuk kedalam tubuh dan menyerang paru-paru hingga usus dan menyebabkan terjadinya masalah perut. Apalagi jika seandainya Anda gravelling ke kawasan tambang. Gejalanya sendiri adalah diare, kram para perut, terdapat ruam merah sampai dengan kelelahan. Harus segera diatasi jika tidak ingin bertambah parah.
  7. Disentri, penyakit disentri ini pada dasarnya adalah tahap awal dari diare, karena feses pasien tersebut disertai dengan adanya lendir bahkan juga darah disebabkan oleh infeksi bakteri pada pencernaan. Untuk itu patut segera dilakukan langkah pengobatan agar tidak semakin parah.

Maka jika seandainya travelling ke tempat yang baru ada baiknya Anda berhati-hati terhadap makanan dan juga minuman yang dikonsumsi. Agar tidak mengalami masalah tersebut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.