Tempat Wisata Berau yang Seperti Surga, Pemkab Pun Tak Lagi Fokus di Batu Bara dan Sawit

Jika Anda pernah ke Kalimantan, mungkin mendengar daerah yang satu ini sudah tidak asing bagi Anda. Daerah tersebut ialah Berau. Berau memang terkenal menjadi daerah batubara dan kelapa sawit, bahkan hingga selama ini komoditi inilah yang menjadi tulang punggung dari daerah Berau. Namun sepertinya, sekarang ini Berau tidak akan mengandalkan batubara dan kelapa sawit lagi. Hal ini dikarenakan pemerintah Berau sudah mulai membangun sistem pariwisata di Berau.

Berau sesungguhnya memiliki daerah wisata yang sangat unggul dibandingkan dari berbagai macam daerah lain, mungkin hingga sekarang ini daerah yang sudah terkenal barulah Derawan, padahal ada berbagai macam daerah yang dimiliki oleh Berau ini. Bila di lihat dari segi infrastruktur pun akses serta penginapan yang ada di Berau juga sudah mulai unggul. Memang tidak dapat dipungkiri jika selama ini Berau memang terlalu bergantung dari industri batubara dan sawit. Memang industri batubara dan sawit sepertinya sebuah industri yang cukup menggiurkan, namun jangan salah jika harga dari batubara terus seperti ini terus terusan mengalami penurunan, kondisi perekonomian mereka juga akan ikut melemah, daya beli juga akan menurun. Inilah sebabnya pemerintah Berau memutuskan tidak lagi mengandalkan industri ini.

Menurut penuturan wakil bupati dari Berau, sebenarnya hingga sekarang ini pihaknya kurang di dalam hal pengemasan serta penjualan destinasi wisata. Padahal, ada berbagai macam keindahan laut dari Berau, Kalimantan Timur yang belum secara mendalam diselami. Berau mempunyai keindahan laut yang sangat elok, keindahan laut ini mayoritas di sukai oleh wisatawan yang berasal dari mancanegara. Kedepannya pemerintah Berau akan lebih rajin lagi untuk melakukan promosi pariwisata Berau entah di dalam atau pun di luar negeri. Selain itu pemerintah juga akan membangun fasilitas seperti bandara kedua yang nantinya diresmikan. Masyarakat dari Berau juga nantinya diberikan sejumlah edukasi agar dapat bekerjasama dengan masyarakat.

Mungkin, Anda hanya mengetahui Berau memiliki Pulau Derawan, padahal Berau ini memiliki berbagai spot diving yang dapat di sejajarkan dengan berbagai spot ternama yang lainnya di Indonesia. contohnya saja seperti Pulau Kakaban. Pulau Kakaban ini mempunyai keunggulan yang hampir tidak dimiliki oleh tempat yang lain. Di Pulau Kakaban Anda dapat berenang bersama dengan ubur-ubur tanpa perlu khawatir terkena sengatan. Di dunia hanya terdapat 2 satu di Berau dan satu di El Malik.

Di Kepulauan Maratua, ada berbagai macam paket wisata yang dapat Anda ambil. Jangan di kira Anda hanya dapat bermain bersama dengan ubur-ubur, di sini Anda juga dapat melihat dengan jelas penangkaran penyu yang berada di beberapa pulau yakni Pulau Semana, Pulau Derawan, Pulang Belambangan, Pulau Sangalaki, Pulau Mataham,Pulau Sambit dan Bulau Bilang-Bilangan. Ada 15.000 penyu betina yang bertelur di pulau tersebut.

Perlu Anda ketahui jika Kabupaten Berau sebenarnya merupakan habitat penyu yang paling besar di Asia Tenggara, di sana juga terdapat konservasi hiu tutul yang sekarang ini sudah mencapai 30 ekor lebih serta primata. Untuk wisatawan, jika Anda ingin berkunjung untuk menikmati eloknya Berau, Anda tidak perlu khawatir seperti apa akses untuk menuju kesana, di sana ada akses yang dapat di tempuh dengan jalur darat, laut dan sekarang mulai merambah ke udara. Berau merupakan satu-satunya kabupaten yang berada di Kalimantan Timur yang didarati oleh maskapai tersohor seperti Garuda Indonesia.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.