Telaga Biru Semin Gunungkidul

Apabila kamu sedang mencari destinasi wisata di Jogja yang sangat cocok untuk bersantai sekaligus main air, cobalah datang ke Telaga Biru Semin yang ada di Gunungkidul. Telaga Biru Semin merupakan area bekas pertambangan yang lambat laun tergerus hujan. Meskipun kawasan ini bukan tempat wisata namun Telaga Biru Semin menyuguhkan pemandangan alam yang tak kalah indahnya dengan destinasi wisata lainnya yang berada di Kota Yoyakarta. Terletak di Dusun Ngemplak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Telaga yang dijuluki dengan “Blue Lake” ini semakin memperkaya pilihan destinasi wisata di Jogja tepatnya di Gunungkidul.

Untuk menuju ke Telaga Biru ini cukup mudah dijangkau, hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam saja dari pusat Kota Jogja. Telaga Biru ini memiliki air yang berwarna hijau kebiruan yang berasal dari air hujan. Menariknya lagi, disana terdapat 4 kolam yang sama persis dengan Danau Kelimutu. Debit dan warna air nya pun tergantung dari curah hujan yang turun, kadang berwarna hijau atau kadang juga berwarna biru. Keindahan lainnya yaitu telaga ini dikelilingi dengan perbukitan kapur putih yang sangat mempesona.

Tempat ini memiliki spot – spot terbaik untuk foto, jadi untuk kamu yang memiliki hobi berfoto ria atau ingin memanfaatkan momen – momen di lokasi tersebut maka bisa banget foto disana dengan latar belakang Telaga Biru Semin. Jika sedang asyik berfoto tetap ya harus berhati – hati karena danau di Telaga Biru ini memiliki kedalaman 5 meter hingga 8 meter. Untuk tiket masuknya, kamu perlu membayar tiket parkir saja sebesar Rp. 2000. Namun jika kamu ingin berenang, tinggal menyewa pelampung saja sebesar Rp. 10 ribu saja. Cukup murah bukan? Disarankan untuk kamu yang tidak bisa berenang untuk tidak nyebur ke danau tersebut. Kamu bisa duduk – duduk santai saja di sekitar danau sambil menikmati panorama keindahan Gunungkidul.

Share this:

Leave a comment