Arsitektur Rumah Tradisional di Jambi Kini Bisa Kamu Lihat di Taman Mini Jambi

Provinsi Jambi merupakan salah satu Provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki berbagai obyek wisata salah satunya adalah Taman Mini Jambi. Taman Mini Jambi merupakan sebuah obyek wisata yang menghadirkan miniatur budaya yang ada di Provinsi tersebut misalnya seperti rumah tradisional yang mencirikan daerah Kabupaten di Jambi. Taman Mini yang memiliki luas 18 Ha ini terdapat berbagai macam arsitektur Jambi kuno dalam membangun hunian dan sangat mirip dengan obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah. Bedanya adalah jika Taman Mini Jambi memiliki konsep hanya arsitektur rumah tradisional yang ada di Jambi kalau Taman Mini Indonesia Indah terdapat rumah adat tradisional seluruh Indonesia.

Disana juga terdapat sebuah Stadion Olahraga yang selalu ramai digunakan ketika akhir pekan. Rumah tradisional yang sudah di bangun di Taman Mini tersebut setidaknya ada enam rumah tradisional dan satu Rumah Panggung Kejang Lako. Meskipun sama – sama dibangun dengan konsep rumah panggung, namun di setiap daerahnya memiliki gaya yang berbeda – beda. Tak hanya rumah tradisional saja, disana juga terdapat Miniatur Candi Muaro Jambi serta alat pengebor minyak bumi dan jembatan gantung. Biasanya miniatur Candi Muaro Jambi suka digunakan sebagai obyek untuk berfoto oleh para wisatawannya.

Taman Mini Jambi dibangun pada tahun 1980 yang menggabungkan dua konsep yaitu obyek wisata bermain serta kebun binatang. Sekitar 100 dari deretan rumah tradisional, ada Taman Satwa Taman Rimba Jambi. Karenanya objek wisata ini kemudian disebut Taman Mini dan Taman Rimba Jambi. Banyak event besar yang digelar di sana, termasuk pada tahun 1997, Jambi pernah terpilih sebagai tuan rumah untuk acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke-18.

Taman Mini yang terletak di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi ini selalu dipadati oleh pengunjung pada sore hari di akhir pekan. Para pengunjung menghabiskan waktu akhir pekan mereka di Taman Mini tersebut dengan melakukan berbagai aktivitas seperti jogging atau sekedar kumpul – kumpul saja. Jika Anda berada di daerah luar kota Jambi dan ingin berkunjung ke obyek wisata tersebut, jarak tempuhnya cukup dekat yaitu 500 meter dari kawasan Bandara Sultan Taha Jambi.

Share this:

Leave a comment