Beberapa Destinasi Wisata di Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi yang memiliki banyak sekali potensi alam yang bisa digali dan diberdayakan. Selain sudah sangat terkenal dengan wisata kulinernya, Sumatera Barat juga memiliki destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan yang mempesona dan wajib dikunjungi ketika sedang berada di Nagari Minangkabau. Salah satu obyek wisata yang bisa kamu kunjungi adalah wisata air yang tersebar di berbagai daerah Sumatera Barat seperti Danau Singkarak hingga Pulau Pamutusan. Nah, berikut ada beberapa lokasi wisata yang bisa dikunjungi selama berada di Sumatera Barat. Diantaranya adalah:

1. Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba, lokasinya berada di Kabupaten Solok dan Tanah Datar,, Provinsi Sumatera Barat atau berjarak sekitar 70 km dari Kota Padang. Danau Singkarak termasuk danau tektonik yang terbentuk karena pergeseran dari lempengan bumi. Pemandangan yang disajikan pun sangat indah dan dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Danau ini berada di ketinggian 363,5 mdpl dan luas nya mencapai 1.000 hektar dengan kedalaman 268 meter. Setiap tahun di Sumatera Barat biasa digelar sebuah event bertaraf internasional dengan Danau Singkarak menjadi bagian di dalamnya yaitu Tour de Singkarak.

2. Danau Kembar

Danau Kembar merupakan julukan yang diberikan untuk Danau Di Ateh (diatas) dan Danau Di Bawah karena memiliki luas luas yang hampir sama dan dan letaknya pun berdekatan sehingga disebut dengan Danau Kembar. Lokasi danau ini sangat strategis dan terletak diatas ketinggian sehingga udaranya sangat dingin. Danau Kembar menyajikan keindahan alam yang sangat mempesona, berlatar pegunungan yang dibalut kabut. Aktivitas para petani sayuran menjadi pemandangan mengasyikan tersendiri yang bisa ditemui di kawasan danau ini. Danau Kembar ini terletak di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Kedua danau tersebut terhampar saling berdekatan. Satu danau terletak lebih tinggi dari yang lainnya dan uniknya lagi danau yang lebih tinggi justru disebut sebagai Danau Di Bawah sementara yang lebih rendah disebut Danau Di Atas.

3. Lembah Harau

Lembah Harau adalah objek wisata alam andalan di Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau suatu lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Berada ± 138 Km dari Padang ± dan 47 Km dari Bukittinggi dan sekitar ± 18 Km dari Kota Payakumbuh dan ±2 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Dilingkungi batu pasir yang terjal berwarna – warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Lembah Harau banyak dikunjungi wisatawan terutama pengunjung domestik dari daerah Riau, Sumut dan Jambi. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit – bukit dan bergelombang. Memasuki Lembah Harau, mata akan dimanjakan suasana alam pengunungan yang luar biasa apalagi dengan pemandangan 5 buah air terjun ( sarasah ) yang sangat besar dengan ketinggian sekitar 100 meter yang luar biasa indah seperti cerita di dalam sorga yang dilalui oleh empat buah sungai yang jernih.

4. Pantai Pamutusan

Pernah mendengar Pulau Pamutusan? Mungkin ada yang pernah mendengar dan mungkin juga ada yang belum pernah mendengar. Pulau Pamutusan ini terletak di Sumatera Barat tepatnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Kalau dari Kota Padang sendiri, membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke sana. Di pulau ini banyak sekali surga tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Luas Pulau Pamutusan adalah kurang lebih 8 hektare dengan pantai pasir putih yang indah dan banyak dikelilingi pohon kelapa di sekitar pantainya serta Mangrove yang hijau alami.

5. Pantai Pagang

Sama seperti Pantai Pasumpahan, untuk menuju Pantai Pagang terlebih dulu harus ke Teluk Bungus untuk naik speed boat. Berada di pantai ini bagaikan pulau pribadi, karena lokasinya yang belum terjamah dan jauh dari keramaian kota.

Share this:

Leave a comment