Sudah Ada Rencana Akhir Pekan Kali Ini Mau Kemana? Kesini Aja Yuk!

Salah satu tempat wisata di Kota Solo paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Alun – Alun Kidul Kota Solo. Dulunya kawasan ini berfungsi sebagai tempat untuk menyiapkan kondisi kelancaran hubungan keraton dengan masyarakat. Seiring berjalannya waktu, saat ini kawasan tersebut dijadikan sebagai tempat wisata favorit bagi warga Solo. Kawasan satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama keluarga sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Tak perlu khawatir jika kamu merasa kelaparan, karena di kawasan ini terdapat banyak tukang jualan yang menjajakan dagangannya dan pastinya harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Para pedagang tersebut biasanya berada di arah Selatan Kasunanan Surakarta. Makanan – makanan yang dijual antara lain seperti jagung bakar, es degan, wedang asle, cabuk rambak, ronde dan juga tersedia beberapa angkringan. Biasanya pengunjung yang datang ke kawasan ini membawa sebuah tikar yang nantinya akan digunakan sebagai alas duduk mereka di atas rumput. Untuk para pedagangnya sendiri mulai berjualan pukul 4 sore hingga pukul 10 malam yang mengharuskan mereka pergi karena gerbang telah ditutup.

Tak hanya anak muda saja yang datang berkunjung ke Alun – Alun Kidul tersebut namun juga banyak orangtua yang membawa anak – anak mereka berkunjung kesana hanya untuk jalan – jalan dan bersantai. Kawasan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai alternatif pilihan wisata untuk mengisi libur akhir pekan bersama sang buah hati. Pasalnya terdapat banyak penjual dan penyewaan mainan sehingga buah hati kita betah untuk berlama – lama disana. Permainan – permainan yang bisa disewakan antara lain adalah memancing, sirkuit mobil – mobilan, perosotan besar hingga berbagai sepeda hias yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling di kawasan tersebut.

Salah satu pengunjung menuturkan jika berkunjung ke tempat ini sangat menyenangkan. Selain fasilitas permainan, disana juga terdapat dua kandang kerbau bule yang masing – masing kandang berisi kerbau yang berbeda – beda. Di sebelah Selatan pintu Alun – Alun Kidul terdapat sebuah kandang yang berisi 12 ekor kerbau bule, sedangkan kandang lainnya berada di sebelah Utara pintu Alun – Alun Kidul yang berisi 2 ekor kerbau bule jantan. Setiap sore banyak anak – anak yang memberi makan kerbau bule tersebut. Terdapat penjual sawi di depan kandang sehingga pengunjung dapat membeli sawi untuk memberi makan kerbau bule. Menjelang maghrib, kerbau – kerbau tersebut dilepaskan ke alun – alun.

Di alun – alun kidul ini, Anda bisa melihat gerbong kereta jenazah PB X yang digunakan untuk mengangkut jenazah Paku Buwono X ke Imogiri, Yogyakarta. Selain kereta jenazah ada juga kereta penumpang yang berfungsi untuk menggiring orang – orang yang mengantar jenazah. Tak hanya warga sekitar Solo saja yang datang ke alun – alun tersebut namun juga wisatawan dari luar kota pun banyak yang berkunjung ke kawasan tersebut salah satunya adalah Kota Jakarta.

Share this:

Leave a comment