Persiapan Menjelang Imlek di Tahun Monyet Api

Tak terasa bahwa pergantian tahun baru China akan segera datang, nah di tahun ini tentunya banyak harapan-harapan baru yang dipanjatkan, terkait dengan keberkahan hingga keharmonisan, nah bagaimana dengan doa yang akan kamu panjatkan di tahun monyet api kali ini. Masyarakat etnis Tionghoa memang percaya bahwa tiap tahunnya pasti akan ada dinamika dibalik shio tersebut. Bisa jadi di tahun ini akan menjadi keberuntungan Anda, namun juga ada kemungkinan bahwa tahun ini kamu justru akan mendapatkan kesialan.

Suasana Imlek tiap tahunnya pasti akan sangat ramai dengan berbagai acara dan dominasi warna merah untuk setiap pertunjukan. Indonesia sendiri merupakan negara yang dihuni oleh berbagai macam etnis, diantaranya adalah etnis china ini, jadi tak heran jika keturunan-keturunannya akan selalu ikut memeriahkan tahun baru China di berbagai daerah, satu yang cukup populer adalah Singkawang. Kawasan yang satu ini nyatanya memang menjadi tempat bermukimnya orang-orang dari etnis Tionghoa, nah bagi kamu yang bingung akan menghabiskan waktu liburan Imlek kemana nampaknya Singkawang bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Akan ada banyak parade, bahkan jika kamu datang sekarang berbagai klenteng sudah dihiasi dengan beragam ornamen berwarna merah, diantaranya adalah lampion-lampion kecil, nanti tepat pada saat tahun baru akan ada sejumlah acara seperti parade barongsai, kamu bisa secara langsung menyaksikan kemeriahan dari acara tersebut dan ikut mengabadikannya. Setidaknya untuk perayaan di tahun ini ada sebanyak 10.000 lampion yang sudah di pasang di jalan-jalan kota. Sebenarnya tak hanya sebagai ornamen, kenyataannya pemasangan lampion ini juga menggambarkan solidaritas yang kuat. Salah satu klenteng yang sudah ramai dengan pengunjung dan juga jemaat untuk memanjatkan doa adalah Tri Dharma Bumi Raya yang memang berada di jantung kota Singkawang.

Lalu di tahun monyet api ini sendiri sebenarnya ada makna apa yang tersimpan, monyet api digambarkan sebagai hewan yang senang sekali melompat, hal ini menandakan sebuah dinamika. Artinya di tahun ini sebenarnya tantangan dalam kehidupan akan semakin berat dan banyak, apalagi untuk negara seperti Indonesia sendiri. Namun bukan berarti tantangan tersebut sulit untuk dilakukan, tentunya ada solusi agar di tahun ini berbagai masalah bisa diselesaikan, diantaranya adalah dengan mempererat solidaritas dan juga rasa persaudaraan. Makna Imlek tahun ini memang sangat besar bagi Indonesia, apalagi di tengah berbagai masalah yang kian hari makin menerjang.

Nah bagi diri Anda sendiri apakah sudah siap menghadapi tahun monyet api tersebut, tentunya bagi kamu yang ikut merayakan sudah menyiapkan berbagai macam hal untuk menyambut datangnya hari raya Imlek yang jatuh pada senin 8 februari 2016 ini bukan, selain persiapan dalam bentuk mental tentunya juga berbagai keperluan terkait dengan hari raya Imlek layaknya makanan, kostum hingga angpao sudah mulai diisi, namun bagi Ada yang tak merayakannya juga tak perlu khawatir karena ada beberapa kawasan yang justru bisa kamu kunjungi karena akan sangat ramai dengan berbagai kegiatan yang berbau Imlek.

Selain Singkawang masih ada beberapa daerah lain di Indonesia yang sebagian banyak penghuninya memang berasal dari etnis Tionghoa, tentunya mereka akan mengadakan acara yang kurang lebih sama, meriah, penuh dengan atraksi dan ornamen berwarna merah. Karena memang hanya datang satu tahun sekali dan tiap tahunnya akan berbeda jangan lupa menyempatkan diri datang dan melihat-lihat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.