“Soto Sampah”, Kuliner Lezat dan Nikmat yang Berasal Dari Kota Yogyakarta

Soto merupakan salah satu kuliner di Yogyakarta yang sangat mudah untuk kamu temui. Bayangkan saja disetiap sudut Kota Pelajar itu selalu ada pedagang yang menjajakan soto, karena sebagian besar masyarakat Kota Jogja sangat menyukai menu yang satu ini. Di sebuah pasar di Kota Jogja yaitu Pasar Kranggan terdapat sebuah warung soto sederhana yang menjual soto di malam hari, karena disana mayoritas penjual sotonya buka pada agi hari. Tak hanya waktu nya saja yang berbeda dengan penjual soto lainnya, namun nama warung soto tersebut pun terbilang unik yaitu Soto Sampah. Untuk kamu yang ingin menikmati soto ini tak perlu khawatir akan kebersihannya, meskipun bernama Soto Sampah namun sang pemilik selalu menjaga kebersihan dan kelezatan dari kulinernya tersebut.

Memiliki cita rasa yang lezat dan pas, sehingga banyak pengunjung yang berkunjung setiap harinya ke warung soto yang satu ini. Awal mulanya diberikan nama Soto Sampah karena waktu itu ada seorang pembeli yang memesan satu porsi soto namun penyajiannya yang awut – awutan maka diberilah nama Soto Sampah. Soto ini disajikan dalam wadah piring dan memiliki kuah yang bening seperti soto pada umumnya. Untuk isiannya soto ini terdiri dari bihun, kecambah, kobis, dan daun seledri yang ditambahkan kuah kaldu yang dicampur dengan bumbu rempah – rempah sehingga menghasilkan citarasa yang kuat. Jika pada umumnya soto menggunakan daging ayam  atau daging sapi sebagai tambahannya, soto ini menambahkan kayor sapi sebagai bahan tambahannya.

Soto Sampah ini berdiri sejak tahun 1970 an, namun sang pemilik yang saat ini merupakan generasi ketiga yang meneruskan usaha soto ini. Untuk lokasinya sendiri, Soto Sampah ini berada di Jalan Kranggan atau lebih tepatnya berada di seberang SPBU Kranggan, kurang lebih berjarak 100 meter utara Tugu Yogyakarta. Pada awal berdiri, Soto Sampah mempunyai tempat yang permanen namun untuk saat ini hanya menggunakan tenda sehingga para pembelinya dapat menikmati soto ini dilesehan. Jika ingin menambahkan dengan lauk pauk, kedai itu pun menyediakan berbagai pilihan lauk pauk seperti gorengan,, sate telur puyuh, kepala ayam,  sate usus. Menu lainnya yang tersedia di kedai ini adalah Nasi Rames.

Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau dan bersahabat yaitu dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 5 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati seporsi kelezatan Soto Sampah. Pengunjung yang datang kesini mayoritas dari kalangan mahasiswa. Soto Sampah ini buka dari pukul 8 malam hingga pukul 3 pagi .

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.