Keindahan Danau di Ketinggian 1200 Mdpl yang Bikin Kamu Takjub Akan Keindahannya

Tak hanya Gunung Semeru, Gunung Dieng, serta Gunung Rinjani saja yang memiliki keindahan diatas ketinggian. Di Jambi juga terdapat sebuah danau yang berada di ketinggian 1200 mdpl yaitu Danau Depati Empat. Selain Danau Gunung Tujuh dan Danau Kaco, Danau Depati Empat juga memiliki keindahan alam yang mampu menarik perhatian para wisatawan. Danau ini memiliki luas 271 hektare dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Kabupaten Merangin. Danau ini masih berada di dalam kawasan konservasi sehingga masih terjaga keasrian dan ketenangannya.

Di kawasan danau tersebut terdapat hutan hujan tropis yang lebat, air yang jernih serta terdapat beragam ikan. Keindahannya Danau Depati Empat akan terlihat jelas dengn adanya dua gunung kembar yang mengapitnya yaitu Bukit Pandan dan Bukit Pandan Bungsu. Biasanya masyarakat sekitar danau datang berkunjung ke Danau Depati Empat hanya untuk mencari ikan yang nantinya akan dikeringkan lalu dijual ke pasar atau desa – desa tetangga. Kebiasan tersebut lebih dikenal dengan masyarakat sekitar dengan istilah Krasak. Alat transportasi yang digunakan pun masih cukup sederhana yaitu dengan  rakit bambu atau dengan sebuah biduk (perahu).

Selain Bukit Pandan dan Bukit Pandan Bungsu, Danau Depati Empat juga diapit oleh perkampungan yang berbeda marga yaitu Marga Sungai Tenang dan Marga Serampas. Danau ini dinamakan dengan Depati Empat karena sesuai dengan sejarah kepemilikannya. Menurut warga sekitar danau ini dimiliki oleh empat depati yaitu Depati Payung (Margo Serampas), Depati Gento Rajo (Desa Pulau Tengah), Depati Siang Dito (Desa Rantau Suli), dan Depati Muncak (Desa Muara Madras). Karena kepemilikannya itu, danau tersebut dikatakan Danau Depati Empat, namun kebanyakan warga setempat menyebut danau itu dengan sebutan Danau Gedang.

Akses menuju Danau Depati Empat bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor. Berjarak sekitar 120 kilometer dari Kota Bangko menuju Desa Pulau Tengah dan sesampainya di lokasi maka kamu dapat memilih dua jalur pendakian .
Pertama, perjalanan dimulai dari Desa Pulau Tengah menuju Danau Depati Empat, jaraknya sekitar 9 kilometer. Kedua, dari Dusun Danau Pauh menuju Desa Pulau Tengah, kemudian dilanjutkan ke Desa Rantau Kermas, jalur kedua ini sejauh 12 kilometer. Setelah mobil dan motor kamu sudah tak bisa lagi melanjutkan perjalanan maka kamu harus berjalan kaki sekitar 7 kilometer atau sekitar 3 jam dengan berjalan kaki. Sesampainya disana Anda bisa nikmati kepuasan melihat sebuah keindahan maha karya dari Sang Pencipta.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.