Situs Iklan Baris IklanLinimemuat...

Soto Khas Bogor Sangat Lezat Dinikmati Ketika Udara Dingin

Udara seketika dingin selepas hujan ketika memijakkan kaki di Kota Bogor. Namun jika Anda sedang ada di Bogor maka Anda wajib menikmati dua kuliner ini untuk menghangatkan badan Anda yang sedang kedinginan di Kota Bogor. Kuliner khas Bogor yang berkuah panas dan sangat lezat dinikmati ketika udara dingin adalah Soto dan Laksa. Kedua kuliner tersebut sangat diminati oleh wisatawan yang datang ke Kota Bogor dan sangat mudah untuk mencarinya.

1. Soto Mie Bogor

Sesuai dengan namanya, Soto Mie Bogor merupakan salah satu jenis soto yang populer di bumi Indonesia. Soto Mie Bogor ini menggunakan bahan – bahan yang terbilang cukup banyak dibandingkan dengan soto pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan soto ini menggunakan mie kuning yang menjadi ciri khasnya. Biasanya soto pada umumnya menggunakan bihun namun tidak dengan Soto Mie Bogor yang menggunakan mie kuning sebagai salah satu ciri khasnya. Selain mie kuning, bahan – bahan lainnya yang menjadi cir khas soto ini adalah kikil, babat dan risoles. Semua bahan tersebut dicampur dengan sayuran seperti tomat, lobak dan kol. Setelah semua bahan tercampur, langkah selanjutnya adalah mengguyur bahan – bahan tersebut dengan kuah panas yang terbuat dari kaldu sapi yang berwarna kuning. Warna kuning yang dihasilkan berasal dari bumbu rempah yang tercampur dengan minyak. Sebagai pelengkap untuk menambah cita rasa yang khas ditambah juga perasan jeruk nipis dan bawang goreng.

Soto Mie Bogor yang sangat terkenal adalah Soto Mie Abeh. Soto Mie Abeh telah memiliki enam cabang yang berada di Bogor dan Cibubur. Ciri khas dari Soto Mie Abeh adalah kroket yang digunakan sangat garing dan berukuran besar. Daging yang digunakan pun sama sekali tidak alot serta kuah kaldunya yang begitu segar sehingga banyak pengunjung yang datang ke kedai tersebut. Salah satu lokasinya dan menjadi kedai pertama Soto Mie Abeh terdapat di Ruko Perumahan Taman Yasmin, Sektor satu, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Bogor.

2. Soto Kuning Bogor

Selain Soto Mie Bogor, salah satu kuliner yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kota Bogor adalah Soto Kuning Bogor. Soto Kuning Bogor merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang berbahan dasar dari daging sapi serta jeroannya. Memiliki ciri khas berwarna kuning yang kaya akan bumbu rempah, membuat kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Warna kuning yang dihasilkan tersebut berasal dari olahan santan yang dicampur dengan bumbu – bumbu rempah dan salah satunya adalah kunyit. Soto kuning ini berisi berbagai macam pilihan isi seperti empal, otak, limpa, paru, daging, babat, kikil hingga lidah. Untuk menambah citarasa soto kuning ini tak lupa diberi daun seledri dan bawang goreng. Biasanya soto kuning ini disajikan bersamaan dengan perkedel hangat serta beberapa potongan emping.

Salah satu kedai yang cukup terkenal dengan soto kuning adalah Soto Kuning Pak Yusup. Kedai soto tersebut sudah berdiri sejak tahun 1998, dan cita rasanya yang khas menjadi daya tarik tersendiri dari kedai yang satu ini. Jika Anda ingin menikmati soto kuning ini maka Anda bisa berkunjung ke Jalan Suryakencana No. 287, Bogor Tengah Kota Bogor – Jawa Barat. Kedai Soto Pak Yusup ini buka mulai pukul 2 siang hingga pukul 07.30 malam. Isi soto yang jadi favorit di sini ialah dagingnya yang empuk, kikil dan lidahnya yang gurih dan kenyal. Dalam sehari, Soto Kuning Pak Yusup dapat menghabiskan isi daging sebanyak 600 potong. Untuk harganya Anda tek perlu khawatir, karena seporsi soto kuning di Kedai Soto Kuning Pak Yusup ini dihargai Rp. 10 ribu rupiah dan jika ingin menambah perkedel dan emping cukup menambah Rp. 3 ribu saja.

Share this:

Leave a comment