Penggugah Selera Asli Jawa Barat

Siapa yang tidak pernah pergi ke salah satu kota besar yang ada di Jawa Barat ini? Jika belum cobalah untuk singgah ke kota ini karena dijamin tidak akan rugi. Kota Cirebon merupakan salah satu kota besar yang ada di Jawa Barat setelah Bandung. Kota ini menyimpan sebuah makanan khas yang memang akan membuat kita semakin berselera makan. Nasi ini memang terlihat tidak menarik karena dibungkus menggunakan daun yang lecek dan warna yang kusam. Akan tetapi jika sudah dibuka bungkusnya pastinya semua orang tidak akan tahan melihat nasi ini.

Sepanjang memasuki Kota Cirebon, kita akan menemukan banyak sekali orang yang menjual nasi ini dan juga membuat kita bingung memilih mana tempat yang cocok. Penasaran bukan dengan nasi yang bisa menggugah selera ini? Nasi Jamblang merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang memang banyak menjadi santapan untuk warga Cirebon setiap harinya.

Dahulu memang belum banyak orang yang tahu dengan nasi ini, namun dengan seiring perjalanan waktu sudah ada banyak orang yang memfotonya dan memasukan ke media sosial yang membuat banyak orang semakin tahu. Nasi ini terdiri dari nasi, tauco, empal, semur tahu dan berbagai lauk pauk yang lainnya yang akan menggugah selera kita pastinya. Terlebih jika kita juga sudah melihat sambal merah yang akan semakin meningkatkan nafsu makan kita.

Rumah makan bu Nur

Salah satu rumah makan yang terkenal yang menyediakan menu ini adalah Rumah Makan Bu Nur dimana setiap harinya bisa sampai 3 kepal nasi habis di warung makan ini. Ada banyak sekali pilihan lauk pauk yang bisa kita pilih untuk bisa menikmati nasi yang sangat sedap ini. Salah satu menu yang tidak bisa ditemukan di tempat lain adalah Nasi Jamblang dengan lauk Sate Kerang yang hanya ada di warung makan ini.

Festival Cirebon

Suatu kesempatan emas bagi banyak orang yang mengunjungi Cirebon di kala ada sebuah pagelaran festival ini. Pada akhir Maret kemarin telah digelar “Festival Pesona Cirebon” yang bertujuan untuk mempromosikan kota yang memiliki banyak sekali pesona di dalamnya.

Menurut Sultan dari Keraton Kesepuhan Arief Natadiningrat, festival ini memang tertinggal dari beberapa wilayah lain seperti Yogyakarta dan Bali akan tetapi dengan adanya penataan ulang objek wisata serta memberikan kesadaran mengenai wisata di Cirebon akan membuat strategi bisa tercapai.

Banyak hal yang ditampilkan pada festival ini yang memang akan menarik perhatian wisatawan. Objek yang banyak disorot dalam festival ini seperti wisata seni budaya, wisata kuliner, wisata situs budaya Tiongkok yang ada di Cirebon.

Melalui festival ini pemerintah ingin menarik sekitar 20 juta wisatawan mancanegara terutama yang berasal dari negeri Tiongkok karena kota ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan Tiongkok. Target yang dipasang adalah sekitar 10 juta pengunjung dari Tiongkok yang akan mengunjungi Cirebon.

Di Keraton sendiri setiap tahunnya sudah mencapai 1 juta pengunjung yang memang merupakan angka yang cukup tinggi untuk sebuah tempat wisata. Pihak keraton juga berharap setiap tahunnya akan ada peningkatan jumlah wisatawan di Cirebon.

Ketika sedang berada di Cirebon memang kita tidak bisa meninggalkan sejumlah wisata kuliner seperti Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Empal Gentong dan juga Mi Koclok yang akan membuat kita ingin selalu kembali ke Cirebon. Makanan ini juga menjadi salah satu daya tarik dari Kota Cirebon.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.