Sajian Mie Bujuh yang Bikin Penikmatnya Lupa Diri

Ketika berkunjung ke Bali jangan sampai lewatkan kuliner yang satu ini yaitu Mie Bujuh. Mie bujuh merupakan menu hidangan mie telur yang diolah sedemikian rupa dengan memiliki tekstur yang kenyal, rasanya pun begitu terasa di lidah serta toppingnya yang berbeda dengan mie yang lainnya. Mie Bujuh ini bisa Anda temukan di salah satu stan Jayagiri Kitchen Food & Drink yang terletak di Jalan Gatot Soebroto Timur No.204, Denpasar, Bali. Seporsi Mie Bujuh biasanya tersaji di piring persegi denga topping nya yaitu chicken nugget, daun bawang, bawang goreng, pangsit ayam, daun selada dan siomay. Pemiliknya pun menuturkan jika Mie Bujuh tersebut memiliki tingkat kepedasan.

Tingkatan kepedasan tersebut yaitu tingkat biasa tanpa cabai, tingkat Masih Bisa Ketawa dengan dua cabai, Mati Rasa dengan lima cabai, Berkaca – kaca dengan 10 cabai, Lupa Diri dengan 45 cabai, dan tingkatan Mulai Bujuh dengan 55 cabai. Jika berani mencicipi level Mulai Bujuh dijamin mulutnya bakal sampai bujuh (monyong). Untuk meningkatkan cita rasa yang lebih nikmat maka  cabai yang digunakan oleh sang pemilik kedai yaitu dengan cara di cincang atau di blender. Bisa juga cabai yang digunakan diulek dengan menggunakan cobek, sehingga dapat menciptakan cita rasa yang sangat khas.

“Walaupun Mie Bujuh pedas, tidak akan membuat tenggorokan menjadi panas. Karena yang kita gunakan cabai asli tanpa menggunakan campuran merica. Jadi pedasnya hanya sementara dan di mulut saja,” kata Wayan Mustika. Selain Mie Bujuh ada juga menu dari Jaki Food & Drink, yaitu dadar gulung yang disediakan stan Warung Tunjung 11. Menu yang satu ini memiliki tampilan yang menarik. Satu porsi disajikan dengan tiga biji dadar, diisi potongan buah pisang di atasnya dan ditambah dengan lumuran lelehan susu coklat. Rasanya sangat lembut dan manis dan sangat pas untuk camilan.

Tak hanya kuliner makanan saja, namun Kedai Sahabat juga menyediakan minuman yaitu Lemon Grass Rock. Minuman tersebut merupakan minuman yang di dalamnya berisi potongan buah nanas, apel dan anggur serta memiliki rasa yang sedikit asam. Jaki Food itu terdiri dari stan Mie Bujuh, Kedai Sahabat, Warung Tunjung 11, Warung Maya dan Menantu Jus. Kedai ini buka pada pukul 11.00 hingga 23.00 dengan muatan kapasitas mencapai 60 orang. Selain menyediakan makanan dan minuman, pengunjung yang gemar selfie juga dapat mengabadikan momen selama berada di Jaki Food & Drink. Tempat ini menyediakan jasa cetak foto berukuran 4R dengan tarif Rp 5.000.

Pengelola Jaki Food & Drink, Rah Tut XXX mengatakan bahwa pihaknya memiliki konsep yang sesuai dengan jiwa anak muda kreatif, sehingga bisa menjadi tempat alternatif yaitu tempat nongkrong bersama. Dengan konsep food cook, kedai ini menyediakan  tempat duduk dan bisa juga untuk lesehan. Jaki Food & Drink dihiasi anyaman dari ulatan papan di bagian atas. Sedangkan di dinding terdapat grafiti khas masing – masing stan. Berikut bebeapa info harga menu yang ada di Stan Mie Bujuh, diantaranya adalah:

  • Mie bujuh 15k
  • Ayam goreng+nasi 20k
  • Tahu tempe telor+nasi 15k
  • Topping komplet 15k
  • Fillet 25k
  • Siomay 15k
  • Gurami 40k
  • Omlet 15k
  • Chicken nugget 15k
  • Jamur crispy 15k
  • Puyunghay 15k
  • Nasi 5k
Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.