14 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Bali Saat Long Weekend Tiba

Pulau Bali sampai saat ini masih menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan domestik untuk menikmati liburan panjang. Hal ini terbukti pada liburan long weekend kemarin yang jatuh pada tanggal 4 – 8 mei 2016. Terlihat wisata domestik yang berkunjung ke Pulau Dewata naik hingga 15 persen. Dalam sehari, bisa mencapai hingga 14  ribu orang yang datang berkunjung ke Bali. Wisatawan tersebut baru terhitung yang datang melewati Bandara Internasional Ngurah Rai, belum yang masuk melewati via Pelabuhan Gilimanuk dan Padang Bai.  Libur panjang kali ini menyusul adanya dua hari libur nasional yang berurutan pada akhir pekan ini. Masing – masing jatuh pada hari Kamis (5/5/2016) yang merupakan Peringatan Kenaikan Yesus Kristus dan Jumat (6/5/2016) yang merupakan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Communication & Legal Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Awaluddin, mengamini adanya kenaikan kedatangan wisatawan domestik yang datang ke Bali pada long weekend kali ini. Berdasarkan pantauannya, kedatangan penumpang domestik yang berkunjung ke Bali naik begitu signifikan hingga 15 persen. Para wisatawan yang datang ke Bali rata – rata adalah wisatawan yang berasal dari wilayah Jakarta dan Surabaya. Menurut Awaludin jika rata – rata kondisi sejak H-3, penumpang yang berkunjung sudah naik hingga 13 ribu penumpang dari hari biasanya yang mencapai 12 ribu penumpang saja. Namun trafik ini kembali naik saat H-2 yang mencapai hingga 14 ribu penumpang sampai 14.300 penumpang. Peningkatan tersebut jika digabungkan dengan wisatawan asing bisa mencapai hingga 26 ribu dari hari biasanya yang hanya mencapai 24 ribu saja.

Hal ini dipacu adanya peningkatan wisatawan domestik yang sangat signifikan, namun untuk wisatawan asing belum ada peningkatan yang sangat signifikan. Berdasarkan data statistik Lalu Lintas Angkatan Udara (LLAU) PT Angkasa Pura I, Airport Internasional Ngurah Rai Bali, selama periode Januari-Maret 2016, pergerakan penumpang domestik rata-rata per jam mencapai 1.025. Rata-rata perhari mencapai 24.605, dan rata – rata per bulan 746.347, dengan total 2.239.042.Sedangkan pergerakan pesawat domestik pada periode yang sama, rata – rata per jam adalah 9, rata – rata per hari 213, rata – rata per bulan 6.457, dengan total 19.370.

Awaluddin juga menuturkan jika kenaikan penumpang yang sangat signifikan tersebut tak ada persiapan khusus karena pihaknya selalu siaga dan dapat terakomodir dengan baik. Kapasitas terminal Bandara Internasional Ngurah Rai bisa menampung 25 juta penumpang per tahunnya. Sedangkan kondisi saat ini, rata – rata penumpang yang datang baru mencapai 17 juta per tahunnya. “Persiapan normal saja sesuai SOP masing – masing, di sisi lain ada posko dan pelayanan keamanan di bandara,” tandas Awaluddin lagi. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA Gede Yuniartha, membenarkan dominasi kedatangan wisdom masih asal Jakarta dan Surabaya. “Wisatawan domestik mendominasi karena ini libur nasional yang cukup panjang. Destinasi yang banyak dikunjungi oleh mereka adalah Tanah Lot dan Kuta,” jelasnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.