Kuliner Khas Cirebon Yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Kota Cirebon

Jika Anda merasakan perut terasa lapar maka alternatif untuk menugatasi hal ersebut adalah dengan menyantap makanan. Makanan khas dari suatu daerah atau makanan cepat saji saat ini banyak tersedia. Begitupun dengan Anda yang sedang mengisi aktivitas liburan seperti sekarang. Nah bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Cirebon, tak ada salahnya jika mencicipi kuliner khas kota tersebut yaitu Empal Gentong. Selain empal gentong, masih banyak juga makanan khas Cirebon lainnya yang bisa kamu cicipi. Berikut beberapa makanan khas Cirebon lainnya, yaitu:

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang merupakan kuliner khas Kota Cirebon yang disajikan dengan bungkusan daun jati dan bisa disajikan dengan berbagai lauk pilihan. Lauk pilihannya tersedia tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru – paru goreng dan lain sebagainya. Untuk Anda yang mencicipi kuliner yang satu ini maka bersiaplah lidah bergoyang saat menyantap nasi Jamblang. Harga lauknya pun cukup terjangkau yaitu dibanderol sekitar Rp 3.000 hingga Rp 17.500. Jika ingin menikmati kuliner khas yang satu ini, maka Anda bisa berkunjung ke Warung Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jalan Cangkring II No 34, Nasi Jamblang Mang Dul di depan Grage Mall, dan Nasi Jamblang Pelabuhan yang berada di dekat pintu masuk Pelabuhan Cirebon.

Empal Gentong
Nah, untuk Anda yang hobi dengan kuliner berkuah maka wajib untuk mencicipi kuliner khas Kota Cirebon yang satu ini yaitu Empal Gentong. Empal gentong terdiri dari potongan – potongan daging dan jeroan sapi seperti usus, babat, paru, limpa dan daging sapi. Harga yang ditawarkan per porsinya pun cukup bervariasi yaitu Rp 18.000 hingga Rp 20.000. Kuliner yang satu ini bis Anda temukan di sepanjang Desa Battembat, disana banyak sekali terdapat warung makan empal gentong diantaranya adalah Empal Gentong Apud, Empal Gentong Bang JT, dan Empal Gentong Amarta. Tapi ada salah satu empal gentong yang sangat terkenal yaitu Empal Gentong Mang Darma yang berada di Jalan Kerucuk.

Mi Koclok
Kuliner yang satu ini juga sangat pas untuk Anda yang sedang menikmati liburan di Kota Cirebon yaitu Mi Koclok. Mi Koclok ini merupakan kuliner yang di dalamnya terdapat potongan telur rebus, ayam suwir, irisan toge, kol serta daun bawang. Kuah dari mi koclok ini pun cukup kental apalagi saat dinikmati selagi masih hangat di malam hari. Kedai – kedai penjual Mi Koclok ini bisa Anda temui di kedai – kedai mi koclok pinggir jalan, yang biasanya baru dibuka sejak pukul 18.00 hingga tengah malam. Misalnya untuk mencicipi mi koclok, arahkan perjalanan ke Jalan Lawang Gada. Di sana ada kedai mi koclok yang terkenal yaitu milik Mi Koclok Mas Edy. Alternatif lain bisa ke Mi Koclok Panjunan di Jalan Panjunan, dan kedai di Jl Tentara Pelajar, Cirebon.

Docang
Apa itu docang? Mungkin nama kuliner itu jauh terbenam dibanding nasi jamblang dan empal gentong. Docang adalah sajian khas Cirebon yang berbahan lontong, dicampur daun singkong, taoge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang sudah dikenal sejak jaman wali. Campuran makanan kemudian disiramkan kuah panas yang diolah dari bumbu rempah pilihan, dan tempe bungkil atau oncom. Paduan bahan makanan dan kuah siap memberikan cita rasa, gurih, segar, sambal yang pedas, dan kehangatan di dalam tubuh Anda. Beberapa referensi tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menyantap docang adalah sekitar Pasar Kanoman dan depan Stasiun Cirebon Kejaksan Cirebon di Jalan Siliwangi. Datanglah pada pagi hari atau Anda akan kehabisan.

Nasi Lengko
Ini dia kuliner khas Cirebon lainnya. Namanya nasi lengko yang mirip dengan nasi pecel.Isinya berupa nasi yang di atasnya diberi irisan kecil timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng dan irisan daun kucai. Pedas atau manis tergantung selera Anda. Bagi yang gemar pedas, mintalah kepada penjual untuk menambahkan cabe. Jika tidak, tuangkan kecap di atas sambal sesuai selera. Rasa kecap manis bercampur sambal dijamin lezat di lidah. Jangan lupa siapkan krupuk sebagai teman makan. Nasi lengko bisa ditemui di sudut-sudut kota Cirebon.Salah satu yang tersohor di Cirebon adalah Warung Nasi Lengko Haji Barno di Jalan Pagongan No 15B, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.