Pengembangan Rute Penerbangan di NTB Tingkatkan Jumlah Wisatawan

Singgah di bandara NTB, tepatnya di kota Mataram Kita akan mendapati suasana yang jauh berbeda dibanding beberapa tahun lalu. Seperti pengakuan Muhammad Fauzal selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB. Bahwa beberapa tahun lalu bandara menjadi tempat bertemunya para TKW dari dan akan berangkat ke luar negeri. Sebab bandara di kota Mataram ini memang menjadi tempat transit untuk tujuan penerbangan ke berbagai negara tetangga.

Namun dengan berjalannya waktu, perubahan besar semakin terasa ketika sekarang Kita singgah di bandara internasional kota Mataram ini. Jika dahulu dipenuhi oleh TKW maka sekarang dipenuhi oleh wisatawan asing yang bertujuan mengadakan liburan ke NTB. Tentunya menjadi kabar yang sangat menggembirakan sebab dunia pariwisata mulai mengenal NTB sebagai tempat yang menarik untuk didatangi.

Penarik Minat Wisatawan

Kawasan provinsi Nusa Tenggara Barat memang menyimpan berbagai tempat wisata alam yang menawarkan keluguan. Artinya berbagai tempat wisata di provinsi ini masih terjaga kealamiannya sehingga menjadi magnet yang cukup kuat. Disamping itu perkembangan tersebut pun mendapatkan dukungan dari dunia penerbangan di tanah air. Sekarang Kita akan menjumpai maskapai Air Libes yang memiliki jadwal penerbangan 10 kali setiap pekan. Jalur yang ditempuh pun antara Kuala Lumpur-Lombok sehingga transportasi pun mendukung kemudahan kedatangan wisatawan.

Dibukanya rute penerbangan internasional dengan jumlah yang cukup banyak tersebut menjadi pembuka jalan menjelajahi keindahan NTB terutama di Lombok. Tidak hanya peningkatan jumlah penerbangan saja namun juga didukung oleh perbaikan layanan di dalam bandara. Perbaikan demi perbaikan dilakukan untuk menyediakan apa yang dibutuhkan pengguna transportasi udara. Kebijakan inilah yang memberikan perubahan besar berupa pemandangan baru di lokasi bandara Mataram, NTB. Yakni diisi oleh para TKW dan sebagian lagi yang lainnya merupakan turis dari berbagai negara.

Perkembangan dari sektor pariwisata internasional ini juga diakui menyumbang dana pembangunan daerah yang lumayan besar. Disamping dana yang diperoleh dari sektor pertanian dan juga pertambangan yang sejak dulu tumbuh makmur di kawasan NTB.

Peningkatan Kualitas Transportasi Lain

Senada dengan tujuan yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Muhammad Amin selaku wakil Gubernur pun ikut mendukung perubahan besar ke arah positif tersebut dengan melakukan perbaikan dan pengembangan sejumlah sarana transportasi. Meningkatnya jumlah pengunjung dari berbagai negara menuntut pihak pemerintah untuk menyediakan. Sarana mobilitas yang memadahi, paling tidak aman untuk digunakan menjelajahi tempat-tempat di NTB.

Kerjasama dengan Kepala Dinas Perhubungan pun dilakukan sebagai persiapan menghadapi dan menyambut berbagai event besar di NTB. Hingga saat ini sudah terjadwal sekitar 18 agenda skala nasional yang akan digelar di tahun yang sama. Belum lagi ditambah dengan berbagai event menarik yang bisa jadi akan meramaikan tahun ini di NTB. Berbagai acara besar yang di helat sudah tentu akan menyedot antusiasme pengunjung dari berbagai daerah dan negara untuk singgah dan menikmatinya.

Penerbangan yang diatur dan dikelola dengan semakin baik ini diharapkan mampu menjadi nilai lebih provinsi NTB dan umumnya di Indonesia. Jadwal dan rute penerbangan mendapatkan perhatian besar untuk mengupayakan rute internasional ke berbagai negara. Sejauh ini dinas terkait masih mengupayakan dibukanya rute penerbangan ke beberapa negara tetangga. Menuju dan dari Singapura, Malaysia, China, Jepang, Australia, dan juga Korea Selatan. Pencapaian hingga hari ini sudah berhasil menyediakan rute ke dan dari Malaysia serta Singapura.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.