Rute Menuju Gunung Papandayan yang Bisa Dilalui Oleh Para Pendaki

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau juga dianugerahi dengan gunung – gunung yang indah. Bahkan gunung – gunung tersebut tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi lokasi pendakian yang banyak disukai oleh para pendaki. Gunung – gunung tersebut memiliki pemandangan mempesona yang hanya bisa dinikmati saat mendakinya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki banyak sekali gunung – gunung indah seperti salah satunya adalah Gunung Papandayan yang berada di Kabupaten Garut. Kompleks wisata Papandayan menawarkan keindahan alami berupa area kawah bekas letusan gunung api yang luas. Ketinggian Gunung Papandayan kurang lebih 2.856 meter di atas permukaan laut dan termasuk kategori mudah untuk melakukan pendakian.

Gunung Papandayan lokasi nya berada tepat di Kecamatan Cisurupan Garut dan tidak jauh dari pusat Kota Garut. Membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 6 jam dari Kota Jakarta untuk sampai ke kawasan ini. Rute yang di lalui pun searah dengan rute menuju Pantai Santolo. Dari Jakarta kamu bisa menggunakan bus yang berangkat dari Terminal Bus Primajasa yang berada di Cililitan, Jakarta Timur. Nantinya bus tersebut menuju Terminal Guntur Garut yang sampai pada pukul 22.00 WIB. Untuk harga tiket Bus Primajasa dari Cililitan ke Terminal Guntur Garut yaitu sekitar Rp. 52.000. Sesampai di Terminal Guntur Garut, kamu masih harus melanjutkan perjalanan menuju Gunung Papandayan dengan dua moda transportasi. Pertama menuju pertigaan Pasar Cisurupan yang kemudian lanjut ke arah Camp David yang merupakan titik awal sebelum melakukan pendakian.

Dari Terminal Guntur Garut, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan transportasi darat berupa minibus dengan tujuan Pasar Cisurupan dengan membayar sebesar Rp. 13 ribu sampai pertigaan Pasar Cisurupan. Dari Terminal Guntur Garut ke pertigaan Pasar Cisurupan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan dari pertigaan Pasar Cisurupan bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek motor atau mobil pick-up. Untuk ojek ada hingga pukul 5 sore dan jika kamu ingin menggunakan transportasi ini maka bisa merogoh kocek sebesar Rp. 20 ribu hingga Rp. 25 ribu. Nah, jika ingin menggunakan mobil pick-up maka bisa menyewanya dengan tarif Rp. 20 ribu namun harus berisi 16 orang.

Untuk waktu tempuh dari pertigaan Pasar Cisurupan hingga titik awal pendakian adalah 30 menit namun untuk perjalanan pulang, ketika tiba di Camp David, pengojek akan segera menghampiri untuk menawarkan jasa. Selain ojek, sebagian dari mereka juga akan menawarkan jasa mobil pick-up yang siap membawa para pendaki. Jika kamu ingin kembali lagi ke Jakarta maka hal yang perlu diperhatikan adalah jam keberangkatan bus. Untuk bus Primajasa tujuan Cililitan, terakhir akan berangkat pada pukul 17.30 WIB dan bus-bus tujuan Kampung Rambutan, berangkat terakhir pada pukul 21.00 WIB.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.