Selain Gudeg, Ini Loh Jajanan Tradisional yang Bisa Kamu Temukan di Kota Jogja

Seperti yang kita ketahui jika Kota Jogja cukup terkenal dengan wisata kuliner nya yang berupa Gudeg dan Bakpia. Namun selain dua kuliner khas nya tersebut, nyatanya masih ada loh jajanan tradisional lainnya yang rasanya tentu tak kalah nikmatnya. Kuliner tradisional tersebut bisa kamu temukan di Pasar Tradisional Kota Yogyakarta. Nah, mau tahu apa saja jajanan tradisional yang bisa kamu cicipi di Kota Jogja. Simak ulasannya berikut ini ya! 

1. Lemper

Lemper merupakan salah satu jajanan tradisional yang bisa kamu temukan di Pasar Tradisional Jogja. Panganan yang terbuat dari beras ketan ini biasa nya berisikan abon atau daging cincang sapi atau ayam di dalamnya dan kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Sajian ini memiliki citarasa yang begitu nikmat, lezat dan gurih sehingga banyak orang menyukai jajanan yang satu ini. Rasa gurih nya dihasilkan dari santan kelapa yang dimasak dengan ketannya.

2. Arem – arem

Sama halnya seperti lemper, arem – arem juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya hanya saja yang membedakan adalah bahan dasar yang digunakan. Jika lemper menggunakan beras ketan sebagai bahan dasar nya, kalau arem – arem menggunakan nasi. Nasi tersebut kemudian diisi dengan sayuran atau sambal goreng. Meskipun menggunakan bahan dasar yang berbeda namun rasanya tak perlu diragukan lagi. Untuk ukurannya lebih besar daripada lemper.

3. Klepon

Kue klepon adalah salah satu jenis kue tradisional atau jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil lalu diisi dengan parutan gula merah atau gula jawa sisir dan diberi taburan kelapa parut. Kue basah ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal di mulut. Pada umumnya kue klepon memiliki warna hijau yang berasal dari pewarna alami daun pandan dan daun suji. Biasanya kue klepon ini di jual di pasar tradisional bersama dengan jajanan pasar sederhana lainnya seperti cenil, serabi, gethuk, pecel, bubur sum-sum, donat, kue awug – awug, kue khu, golang – galing, bubur kacang hijau, dan lain sebagainya.

4. Onde – onde

Onde onde berbentuk bulat dengan balutan wijen mirip kue wijen tapi kue onde – onde ini ukurannya lebih besar dan rasanya empuk dan manis. Salah satu yang khas dari kue enak ini pada bagian dalam kue diisi dengan kacang hijau membuat kue onde onde terasa nikmat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.