Pilih – Pilih Ransel Buat Mendaki Gunung, Sesuaikan dengan Punggungmu!

Untuk kamu yang memiliki hobi mendaki gunung atau ingin memulainya perlu persiapan yang matang dan tak main – main, baik dari segi fisik maupun peralatan. Untuk yang terakhir ini, kamu jelas tak akan bisa mendaki gunung dengan tenang tanpa adanya ransel di punggung kamu. Jelas saja, karena di dalam ransel inilah bekalmu untuk sampai ke puncak dengan selamat.

Memilih Ransel Gunung yang Pas

Ransel akan menjadi tempat barang – barang seperti baju ganti, bekal, perlengkapan berkemah, mandi, dan sebagainya yang sangat esensial selama kamu dalam perjalanan. Karena itulah kalau kamu mau mendaki gunung, pencarian ransel yang pas bisa dimulai dari 3 poin berikut ini:

1. Riset tempat tujuannya
Pertama – tama, ketahui kemana kamu akan pergi. Tidak semua gunung punya kondisi yang sama. Bisa saja di gunung A tempatnya cukup panas, atau gunung B punya banyak tumbuhan yang bakal membuat ransel kain cepat robek. Jadi periksa dulu, ya.

2. Tentukan waktu pendakian
Berapa lama kamu akan melakukan perjalanan? Karena jelas bahwa semakin lama kamu pergi, kamu bakalan butuh ransel yang lebih besar. Tak mungkin jika kamu melakukan pendakian selama seminggu lebih cuma dengan berbekal ransel yang ukurannya kecil.

3. Cari tahu kegiatan apa saja
Selain mencari tahu berapa lama kamu akan pergi, cari tahu juga kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan. Hal ini dikarenakan ransel yang untuk pendakian biasa dan aktivitas lain seperti berkemah akan cukup berbeda.

Baru setelah kamu tahu jawaban dari ketiga poin di atas, kamu akan bisa mendapatkan bayangan ransel gunung apa yang kira – kira cocok. Nah, sekarang perhatikan ini ketika kamu memilihnya:

1. Bahan Ransel
Ini nih hal utama yang perlu kamu pertanyakan ketika kamu akan membeli ransel. Ini karena daya tahan ransel terutama berasal dari bahan pembuatannya. Di toko – toko, bahan untuk ransel gunung yang bakal sering kamu temukan beberapa contohnya, diantaranya adalah:

Cordura, atau sering juga disebut corduroy, sebenarnya merupakan merk dagang, tapi pada perkembangannya jadi identik dengan kain yang kuat dan tebal dari Perancis. Berasal dari nilon yang sangat kuat, sekarang bahan kain ini menjadi bahan andalan untuk militer, petugas di lapangan, bahkan untuk aktivitas ekstrim seperti bertualang ke gua – gua dan mendaki tebing. Kokoh, tahan air, dan juga tak rusak ketika panas, ini bahan paling cocok untuk ransel.

Polyester, bahan sintetis yang tidak gampang kusut, kuat, anti air, tahan dengan bakteri, dan juga cepat kering. Tapi bahan ini juga mudah terbakar dan bisa membuat kulitmu iritasi.

2. Fitur Ransel
Ransel gunung kebanyakan punya fitur – fitur unik yang akan membuat kamu semakin nyaman ketika mendaki gunung. Misalnya saja ada tempat untuk menyimpan matras, kantong yang banyak, meletakkan tongkat trekking, dan macam – macam fitur lainnya. Pilih yang paling sesuai dengan perjalananmu.

3. Back System
Adalah sistem yang bantalan di punggung ransel yang membuatmu nyaman saat memanggulnya. Coba rasakan sendiri ransel tersebut, nyaman atau tidak, dan apakah tetap ada sela di antara ransel dan punggung demi sirkulasi udara.

4. Bentuk Ransel dan Tubuh
Sesuaikan juga bentuk ransel dan tubuhmu agar kamu tetap nyaman. Cari ransel yang memanjang dan bukan melebar demi mempermudah ketika kamu berjalan, dan sesuaikan dengan panjang dari tulang belakang kamu. Kalau perlu, kamu carilah ransel yang ada shoulder straps sehingga bisa menyesuaikan dengan tubuhmu.

Itulah hal – hal penting yang harus kamu perhatikan ketika membeli ransel gunung. Selamat memilih!

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.